Atlet Basket Naturalisasi Diharapkan Bantu Indonesia Lolos Piala Dunia

Jumat, 23 Oktober 2020 19:28 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Fitra Herdian/Indosport.com
Brandon Jawato saat menghadapi Black Bears. Copyright: © Fitra Herdian/Indosport.com
Brandon Jawato saat menghadapi Black Bears.

INDOSPORT.COM – Tiga atlet basket calon naturalisasi diharapkan fokus membantu Timnas Indonesia di ajang kejuaraan dunia demi meningkatkan prestasi olahraga nasional.

Saat ini ada tiga atlet basket yang tengah menjalani proses naturalisasi, yakni pebasket AS Brandon Van Dorn Jawato, pebasket Inggris Lester Prosper, dan pebasket Kanada Kimberly Pierre Louis.

Anggota Komisi X DPR RI Rano Karno dalam rapat kerja virtual dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, Kamis (22/10/20), menyatakan Indonesia membutuhkan tambahan kekuatan untuk tampil di pentas dunia.

Apalagi Indonesia nantikan akan menjadi tuan rumah Piala Dunia FIBA 2023, dan sebelumnya harus lolos kualifikasi Piala Asia FIBA 2021.

Rano Karno pun berharap proses status kewarganegaraan para atlet tersebut bisa dipercepat. “Mudah-mudahan pemanfaatan pemain ini betul-betul bisa maksimal. Dan paspornya bisa segera diproses untuk mempersiapkan kejuaraan di tahun 2021," ujar Rano dalam keterangan resmi, dikutip dari Antara.

Hadirnya Brandon Jawato dan Lester Prosper dibutuhkan untuk membantu Timnas Basket Putra Indonesia supaya lolos kualifikasi Piala Asia FIBA 2021 setelah menelan dua kekalahan di windows pertama Februari silam.

Timnas Indonesia masih memiliki dua pertandingan tersisa yang akan berlangsung 27 dan 30 November, melawan Thailand dan Korea. Indonesia setidaknya harus menempati peringkat 10 besar Piala Asia FIBA 2021 jika ingin lolos ke Piala Dunia 2023 sebagai tuan rumah.

Selain ketiga pebasket tersebut, ada pula pemain sepak bola Marc Klok yang juga tengah menanti selesainya proses naturalisasi.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%