In-depth

5 Center Terbaik di Sejarah NBA: Dominasi Lakers

Selasa, 27 Oktober 2020 07:15 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© exnba.com
Hakeem Olajuwon, center legendaris Houston Rockets. Copyright: © exnba.com
Hakeem Olajuwon, center legendaris Houston Rockets.
3. Hakeem Olajuwon

Telah disebut sebelumnya bahwa tugas seorang center adalah aktif terus sepanjang waktu dalam urusan bertahan dan menyerang. Beruntunglah Houston Rockets di tahun 1984-2001 karena memiliki Hakeem Olajuwon.

Saat masih memperkuat Rockets, Hakeem sukses menjadi bintang kesuksesan timnya itu meraih gelar juara NBA berturut-turut di 1994 dan 1995. Hebatnya lagi, di dua final tersebut, Hakeem selalu terpilih menjadi MVP.

Prestasi Hakeem tidak berhenti sampai di situ. Ia pun berhasil menjadi orang kedua setelah Michael Jordan yang mampu menyandang gelar MVP dan Defensive Player of the Year di tahun yang sama. Sebuah catatan yang baru-baru ini juga ditorehkan Giannis Antetokounpo.

Selama 18 tahun berkecimpung di dunia memasukkan bola ke dalam ring, statistik Hakeem bisa dibilang spektakuler dengan rata-rata mampu mencetak 22 poin, 11 rebounds, dan 3 tiga blok per pertandingan.

Melihat torehan gemilangnya tersebut, Rockets sendiri memberi penghargaan pada Hakeem dengan memutuskan ikut mempensiunkan nomor 34, karena tidak akan ada pemain yang bisa menyamai kegemilangan pria kelahiran 21 Januari 1963 tersebut.

4. Bill Russell

© Leon Bennett/GettyImages
Bill Russell, legenda NBA milik Boston Celtics Copyright: Leon Bennett/GettyImagesBill Russell, center legendaris Boston Celtics yang 11 kali meraih gelar juara NBA

Tangan manusia pada umumnya memiliki total 10 jari dan semuanya bisa dipasangkan cincin. Namun bagi Bill Russel jumlah tersebut tidak akan cukup.

Ya, sepanjang kariernya selama 13 tahun di NBA bersama Boston Celtics, center bertinggi 2,08 meter ini sudah 11 kali mencatatkan gelar juara, yang berarti ia memiliki 11 cincin juara.

Torehan itu pun membuatnya menjadi satu-satunya manusia di planet bumi yang paling banyak meraih gelar juara NBA di tim yang sama.

Hebatnya, dua gelar juara NBA itu ia dapat sembari merangkap jadi pemain dan pelatih pada musim 1968 dan 1969.

Center kelahiran 12 Februari 1934 ini pun tercatat lima kali menjadi MVP dengan catatan rata-rata 15 poin, 4 assits, dan 23 rebounds per pertandingan selama kariernya.

5. Kareem Abdul-Jabbar

© Getty Images
Kareem Abdul-Jabbar, legenda basket NBA. Copyright: Getty ImagesKareem Abdul-Jabbar, legenda Lakers yang menjadi satu-satunya pebasket yang enam kali meraih MVP NBA.

Membicarakan center terbaik di sepanjang sejarah NBA tentunya kurang afdol apabila tidak menyebut nama Kareem Abdul-Jabbar, yang menghabiskan kariernya di dua tim, yakni Milwaukee Bucks dan LA Lakers.

Di dua tim tersebut, Kareem sama-sama meraih kesuksesan, meskipun namanya lebih akan dikenal sebagai center legendaris Lakers.

Sepanjang kariernya, Kareem mampu merasakan menyentuh trofi juara NBA sebanyak enam kali. Sebuah pencapaian yang tidak banyak dirasakan oleh pebasket.

Namun, bukan itu yang membuat Kareem begitu spesial, melainkan dua rekor miliknya yang hingga kini belum ada yang melewati atau bahkan hanya sekadar menyamai.

Rekor itu adalah sebagai pebasket yang paling banyak meraih gelar MVP NBA (enam kali) dan juga pemain dengan torehan poin terbanyak di NBA, yang menyentuh angka 38.387 poin.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
100%