Kaleidoskop Basket 2020: Kobe Bryant Wafat, Lakers Juara NBA

Kamis, 24 Desember 2020 15:01 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Getty images
Legenda basket NBA, Kobe Bryant, meninggal dunia. Copyright: © Getty images
Legenda basket NBA, Kobe Bryant, meninggal dunia.

INDOSPORT.COM – Sederet kejutan terjadi di dunia bola basket internasional dan Indonesia. Tahun 2020 dibuka dengan kabar menyedihkan dan terus berlanjut karena pandemi global virus corona. Namun ada pula kabar-kabar bahagia yang terjadi sepanjang tahun ini. Berikut INDOSPORT sajikan kilas balik cabor basket sepanjang 2020.

Januari

Tahun baru 2020 dibuka dengan berita duka dari NBA. David Stern yang pernah menjabat sebagai komisioner pada 1984-2014 meninggal dunia pada Rabu (01/01/20).

Januari juga ditutup dengan kabar wafatnya legenda basket, Kobe Bryant, akibat kecelakaan helikopter bersama sang putri, Gianna pada 26 Januari waktu setempat di California.

Indonesian Basketball League (IBL) menggelar tiga seri di awal tahun ini dan menandai debut tim baru, Louvre Surabaya.

Februari

Indonesia Patriots harus menyerah dari Tim All Star IBL dengan skor 108-102 dalam laga IBL All Star 2020 di Gor Amongrogo, Yogyakarta, Minggu (09/2/20). Sementara NBA menggelar laga All-Star pada 16 Februari. Tim LeBron James menang dengan skor 157-155 dari tim Giannis Antekounmpo.

Timnas Basket Indonesia, telah selesai menjalani dua laga di Window 1 Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021. Pada pertandingan pertama, Kamis (20/02/20), Indonesia kalah dengan skor 76-109 dari Korea Selatan. Sedangkan pada pertandingan kedua, Minggu (23/02/20), Indonesia kembali menelan kekalahan, kali ini dari Filipina dengan skor 70-100.

Kapten Timnas Basket Indonesia, Abraham Damar Grahita, harus menerima konsekuensi dari aksi tak terpujinya di sesi konferensi pers usai laga melawan Korea Selatan di FIBA Asia Cup 2021 windows 1. Karena berlagak tak menghormati sang pelatih, Rajko Toroman, Abraham harus dicoret dari tim.

Maret

Pandemi virus corona yang mulai meluas akhirnya memaksa IBL membatalkan seri VII ke atas. Begitu pula dengan NBA yang langsung menghentikan kompetisi setelah pemain Utah Jazz bernama Rudy Gobert terkonfirmasi kena virus corona.

Setelah Gobert, rentetan pemain NBA yang positif corona bertambah banyak. Di antaranya adalah Donovan Mitchell, Christian Wood, Kevin Durant, hingga legenda Charles Barkley.

April

NBA resmi memasukkan bintang legendaris LA Lakers, Kobe Bryant, ke dalam Naismith Memorial Basketball Hall of Fame, Minggu (05/04/20) WIB. Selain Kobe, ada pula Tim Duncan dan Kevin Garnett.

Serial dokumenter Michael Jordan berjudul The Last Dance dirilis pada 19 April dan menuai respons positif. The Last Dance disutradarai oleh Jason Hehir yang mengisahkan tentang Michael Jordan, ikon terbesar dari tim tersukses, yakni Chicago Bulls di era 1990-an.

Mei

Tak ada turnamen, IBL gelar IBL eSports Competition NBA 2k20. Pemain Amartha Hangtuah, Aditya Lumanauw, berhasil keluar sebagai juara.

Frida Aris Susanto memutuskan pensiun dari basket profesional. Salah satu pemain senior di tim Bank BPD DIY Bima Perkasa tersebut menyampaikan pengumuman melalui akun Instagram pribadinya.

Kabar duka datang dari ajang NBA setelah pelatih legendaris Utah Jazz, Jerry Sloan, meninggal dunia Jumat (22/05/20) waktu setempat pada usia 78 tahun. Sloan meninggal akibat komplikasi penyakit Parkinson’s dan dementia sejak lama.

Juni

Para pemain NBA menyuarakan kegelisahannya atas isu rasialisme yang tengah memanas di Amerika Serikat usai kematian warga kulit hitam bernama George Floyd. Salah satu yang vokal adalah LeBron James dan Trae Young.

NBA yang segera memulai kembali kompetisi pada akhir Juli, menyelenggarakan tes corona massal di bulan ini. Hasilnya, 16 dari 302 pemain yang dites positif virus corona.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%