In-depth

Apa Kabar Horace Grant? Pebasket Kembar yang Tak Akur dengan Michael Jordan

Minggu, 10 Januari 2021 11:11 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Focus on Sport/Getty Images
Horace Grant di Chicago Bulls. Copyright: © Focus on Sport/Getty Images
Horace Grant di Chicago Bulls.

INDOSPORT.COM – Horace Grant adalah salah satu legenda Chicago Bulls yang membantu timnya mendapatkan three-peat juara NBA pada 1991-1993. Namun ia juga dikenal sebagai pemain yang tak pernah akur dengan legenda basket Michael Jordan.

Horace Grant memiliki saudara kembar bernama Harvey Grant, sesama pemain basket juga. Namun kembarannya itu kalah bersinar dari Horace, meski ketiga anak laki-lakinya (Jerai, Jerian, dan Jerami) kini juga mengikuti jejaknya sebagai pebasket profesional.

Grant dipilih oleh Chicago Bulls dalam Draft NBA 1987 dan langsung tandem bersama Scottie Pippen. Ia kemudian bersama Pippen dan Michael Jordan, menjadi salah satu trio terbaik NBA sepanjang masa.

Meski memiliki skill mumpuni, Horace Grant memiliki penglihatan yang kurang baik dan harus memakai kacamata selama pertandingan sejak musim 1990-91. Hal ini lalu menjadi ciri khasnya meski kemudian melakukan operasi lasik untuk memperbaiki penglihatannya.

Namun pria kelahiran 1965 ini tetap memakai kacamata saat bertanding karena ia mendengar para orang tua menyatakan ia menjadi inspirasi bagi anak-anak yang mengenakan kacamata.

Grant lalu meninggalkan Chicago Bulls sebagai free agent pada 1994 dan bergabung ke Orlando Magic. Di klub yang dipimpin oleh Shaquille O’Neal tersebut, Grant membantu Magic mencapai final NBA 1995 meski akhirnya kalah dari Houston Rockets.

Beberapa musim setelahnya, Horace Grant juga sempat mencicipi bermain di Seattle Supersonics, LA Lakers, lalu kembali ke Orlando Magic. Ia kemudian memutuskan pensiun di Lakers pada musim 2003/04 setelah menjadi cadangan untuk Karl Malone.