Mengenang Spud Webb, Pebasket Terpendek yang Jadi Raja Kontes Slam Dunk

Senin, 2 Agustus 2021 17:19 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Paul Zimmerman/WireImage
Spud Webb, mantan pemain basket profesional Amerika. Copyright: © Paul Zimmerman/WireImage
Spud Webb, mantan pemain basket profesional Amerika.

INDOSPORT.COM – Mengenang Anthony Jerome Webb atau Spud Webb, salah satu pebasket legendaris NBA yang dikenal sebagai raja kontes Slam Dunk.

Basket dikenal sebagai olahraga yang mengandalka postur tubuh. Umumnya, pebasket harus memiliki postur tinggi besar untuk menenangkan duel. Namun hal ini tak berlaku untuk Spud Webb.

Spud Webb merupakan pebasket legendaris yang hanya memiliki tinggi 170 cm saja. Bagi dunia basket, postur tubuh pria yang kini berusia 58 tahun tersebut terkesan mungil.

Namun, Spud Webb mampu mengalahkan stigma masyarakat akan sosok pebasket harus berpostur tinggi dan besar untuk bisa bersaing.

Ya, dengan tinggi yang hanya 170 cm, Spud Webb mampu menjuarai kontes Slam Dunk NBA ALL-Star di tahun 1986 yang berlangsung di Reunion Arena, Dallas.

© sg.news.yahoo
Manute Bol dan Spud Webb, pemain basket profesional Amerika. Copyright: sg.news.yahooManute Bol dan Spud Webb, pemain basket profesional Amerika.

Sebelum menjadi juara kontes Slam Dunk, Spud Webb banyak dicemooh dan ditertawakan. Termasuk oleh salah satu rekannya di Atlanta Hawks, Dominique Wilkins.

Namun, tertawaan dan cemoohan itu mampu ia balas. Spud Webb mampu memenangi kontes Slam Dunk dengan variasi gerakan menakjubkan.

Spud Webb mencetak Slam Duni dengan gaya; The Elevator Two-Handed Double Pump Dunk, The Off the Backboard One-Handed Jam, 360 Degree Helicopter One-Handed Dunk, Reverse Double-Pump Slam, dan juga The Reverse Two-Handed Strawberry Jam. 

Dengan varias gaya tersebut, Spud Webb mampu mengalahkan Wilkins yang menertawainya dengan dua skor sempurna 50 poin di babak final.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%