Atasi Prancis, Kevin Durant Bawa AS Raih Medali Emas Olimpiade Tokyo

Sabtu, 7 Agustus 2021 12:55 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
© Ezra Shaw/Getty Images
Tim basket Amerika Serikat merayakan kemenangan atas Prancis dalam pertandingan Final Bola Basket Putra di Olimpiade Tokyo 2020 Copyright: © Ezra Shaw/Getty Images
Tim basket Amerika Serikat merayakan kemenangan atas Prancis dalam pertandingan Final Bola Basket Putra di Olimpiade Tokyo 2020

INDOSPORT.COM – Tim basket Amerika Serikat berhasil memenangkan medaliemas setelah mengalahkan Prancis dengan skor 87-82  di partai final cabor basket putra Olimpiade Tokyo 2020, Sabtu (07/08/21).

Keberhasilan tim AS ini tak lepas dari kontribusi besar yang dimainkan bintang Brooklyn Nets, Kevin Durant, yang memastikan kemenangan dengan 29 poin, enam rebound dan tiga assist.

Kevin Durant memang tampil spektaler di sepanjang turnamen Olimpiade 2020. Dia mencurahkan energinya sejak awal untuk meredakan stres rekan satu timnya.

Kepercayaan diri, pengalaman dan keterampilan luar biasa Durant mampu mendongkrak performa tim AS secara keseluruhan sehingga medali emas pun berhasil dimenangkan.

Adapun, rekan setimnya Jayson Tatum memberikan banyak bantuan ke Durant, dan mencatatkan 19 poin. Damian Lillard dan Jrue Holiday juga berkontribusi dengan masing-masing 11 poin.

Di sisi lain pada tim basket Prancis, Rody Gobert dan Evan Fournier memimpin papan skor dengan masing-masing 16 poin. Namun, torehan mereka hanya mampu mengantarkan Prancis meraih medali perak.

Prancis yang mengalahkan tim AS di Piala Dunia 2019 dan di fase grup Olimpiade sejatinya mampu mendominasi kuarter empat. Mereka tertinggal 10 poin pada awal kuarter terakhir, dan memangkasnya jadi tiga poin dua kali sebelum 10 detik jelang akhir pertandingan.

Namun jarak tersebut tetap tak berhasil dikejar oleh Prancis karena tim AS memiliki pertahanan yang kuat sehingga mereka mampu mempertahankan keunggulan meski tipis.

Kemenangan di partai final ini membalas kekalahan yang dialami tim AS dari tim Prancis dalam pertandingan pembukaan fase grup.