Raih Emas Olimpiade 2020, Tim Basket Putra Amerika Serikat Ukir Rekor di Luar Nalar

Sabtu, 7 Agustus 2021 22:44 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor:
© Ezra Shaw/Getty Images
Tim basket Amerika Serikat merayakan kemenangan atas Prancis dalam pertandingan final Bola Basket Putra di Olimpiade Tokyo 2020. Copyright: © Ezra Shaw/Getty Images
Tim basket Amerika Serikat merayakan kemenangan atas Prancis dalam pertandingan final Bola Basket Putra di Olimpiade Tokyo 2020.

INDOSPORT.COM – Berhasil meraih medali emas Olimpiade 2020, tim basket putra Amerika Serikat sukses mencatatkan beberapa rekor di luar nalar.

Keberhasilan tim basket putra meraih medali emas Olimpiade 2020 ini membuat mereka secara total sukses mengkoleksi 16 medali sepanjang keikutsertaan mereka di pergelaran multicabang terakbar ini.

Koleksi 16 medali emas tersebut membuat tim basket putra Amerika Serikat semakin mengkokohkan statusnya sebagai tim basket putra dengan koleksi terbanyak di pergelaran Olimpiade sepanjang masa.

Hanya ada satu negara selain Amerika Serikat yang memiliki koleksi medali emas lebih dari satu. Negara tersebut adalah Uni Soviet (Rusia) dan mereka pun hanya berhasil mendapatkan dua medali emas.

Sejak menjadi salah satu cabang olahraga (cabor) di Olimpiade pada tahun 1936, Amerika Serikat diketahui hanya kalah di Olimpiade 1972 Munchen (perak), 1980 Moscow (boikot, tidak ikut berpartisipasi), dan 1988 Seoul (perunggu).

Catatan rekor di luar nalar kedua adalah catatan personal milik Kevin Durant yang kembali berhasil meraih medali emas sejak debutnya di Olimpiade 2012 London.

Ini membuat Durant bersanding dengan legenda basker Amerika Serikat lainnya, Carmelo Anthony yang juga berhasil mempersembahkan tiga emas dalam keikutsertaannya di Olimpiade.

Rekor di luar nalar yang terakhr adalah Amerika Serikat menjadi tim pertama yang berhasil mencatatkan raihan medali emas ibu-anak.

Catatan istimewa tersebut berhasil diukir oleh JaVale McGee (Olimpiade 2020 Tokyo) dan Pamela McGee (Olimpiade 1984 Los Angeles).