Adakan Pertemuan dengan Kyrie Irving Imbas Kasus Antisemitisme, Komisaris NBA Beri Pembelaan

Jumat, 11 November 2022 16:06 WIB
Penulis: Lukman Hadi Subroto | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Mike Stobe/Getty Images
Pebasket klub Brooklyn Nets, Kyrie Irving. Copyright: © Mike Stobe/Getty Images
Pebasket klub Brooklyn Nets, Kyrie Irving.

INDOSPORTS.COM - Komisaris NBA Adam Silver mengaku sudah bertemu dengan bintang Brooklyn Nets Kyrie Irving dan berbicara secara terbuka mengenai kasus Anti-semit yang dilakukannya.

Adam Silver sendiri bertemu dengan Irving dalam rangka berbicara terkait permasalahan anti-semit yang menimpa eks pemain Boston Celtics tersebut.

Saat ini, Kyrie Irving sedang menjalani penangguhan yang diberikan oleh timnya setelah ia memposting di media sosial terkait film yang berisi materi anti-semit.

Mulanya, Kyrie Irving menolak untuk meminta maaf karena ia merasa tidak melakukan kesalahan karena postingan di media sosialnya membuat gaduh.

Adam Silver mengaku sangat terkejut dengan permasalahan yang menimpa Kyrie Irving. Ia menilai bahwa tidak menyangka kata anti-semit akan keluar dari pemain berusia 34 tahu tersebut.

"Dia (Kyrie Irving) seseorang yang saya kenal selama satu dekade, dan saya belum pernah mendengar kata antisemit darinya atau, sejujurnya, kebencian diarahkan pada kelompok mana pun," kata Adam Silver.

Selain itu, Adam Silver juga menyayangkan dampak buruk yang diakibatkan postingan Kyrie Irving di media sosial. Ia merasa ujaran kebencian tidak akan memiliki tempat di Amerika Serikat.

Di sisi lain, badan liga NBA tidak secara langsung menjatuhkan hukuman kepada Kyrie Irving. Adam Silver menilai skorsing yang dijatuhkan Nets sudah lebih dari cukup.

"Dan dalam retrospeksi, kami mungkin bisa sampai di sana lebih cepat. Saya menerima kritik itu. Tapi saya merasa penting untuk memahami konteks di mana itu diposting untuk memahami disiplin apa yang tepat, bukan dengan cara apa pun untuk memaafkannya tetapi untuk memahami disiplin apa yang tepat," ujar Adam Silver.

Brooklyin Nets sendiri menjatuhkan skorsing minimal 5 kali pertandingan tanpa Irving. Selain itu, mereka juga menetapkan 6 persyaratan yang harus dipenuhi supaya kembali ke tim.