Gondol Emas SEA Games Pakai Duit Sendiri, Pebasket Cantik Tanyakan Dukungan Pemerintah

Rabu, 24 Mei 2023 13:02 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
© CdM Indonesia SG / Evan Andraws
Dua pebasket cantik Indonesia, Henny Sutjiono dan Dewa Ayu Made Sriartha, mempertanyakan dukungan pemerintah usai menggondol medali emas SEA Games 2023. Copyright: © CdM Indonesia SG / Evan Andraws
Dua pebasket cantik Indonesia, Henny Sutjiono dan Dewa Ayu Made Sriartha, mempertanyakan dukungan pemerintah usai menggondol medali emas SEA Games 2023.

INDOSPORT.COM - Dua pebasket cantik Indonesia, Henny Sutjiono dan Dewa Ayu Made Sriartha mempertanyakan dukungan pemerintah usai menggondol medali emas SEA Games 2023.

Tim basket putri Indonesia berhasil meraih medali emas SEA Games 2023. Capaian ini membuat mereka mengukir sejarah.

Sebab selama mengikuti ajang dua tahunan tersebut, Indonesia hanya mendapatkan perak sebanyak tiga kali dari cabang olahraga basket putri.

Selain itu, capaian ini sekaligus mengakhiri penantian selama 64 tahun sejak SEA Games pertama kali pada 1959 silam.

Dua penggawa timnas basket putri Indonesia, yakni Henny Sutjiono dan Dewa Ayu made Sriartha Kusuma Dewi pun berkesempatan menjadi bintang tamu di acara podcast Deddy Corbuzier.

Selain membahas perjalanan karier dan persiapan tim hingga menyabet emas SEA Games, Henny dan Dewa Ayu secara mengejutkan memberi sentilan kepada pemerintah.

Henny Sutjiono yang berperan sebagai kapten tim basket putri Indonesia menyinggung dukungan pemerintah yang dirasa kurang, bila dibandingkan kepada tim basket putra.

“Kalau support (dari pemerintah), kalau basket putri agak kurang daripada basket putra,” kata Henny.

Dukungan pemerintah yang dimaksud Henny ini mencakup tidak adanya kompetisi liga untuk basket putri dan dukungan finansial selama persiapan SEA Games 2023.

“Dua tahun terakhir kalau liga (tidak ada kompetisi) kita masih bisa terima tapi ada liga Asia Tenggara, dulu ada tapi sejak pandemi tidak ada,” terang Henny.