eSports

Kepergok Pakai Cheat, Pro Player eSports Fortnite Kena Hukuman Kejam

Rabu, 6 November 2019 15:29 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Epic Games
Game eSports, Fortnite, memberikan hukuman kejam kepada salah satu pemainnya karena kedapatan menggunakan cheat. Copyright: © Epic Games
Game eSports, Fortnite, memberikan hukuman kejam kepada salah satu pemainnya karena kedapatan menggunakan cheat.

INDOSPORT.COM - Atlet eSports game Fortnite profesional, Jarvis Kaye, mendapat hukuman kejam usai kedapatan menggunakan cheat pada game yang dimainkannya.

Jarvis Kaye sendiri kedapatan melakukan cheat usai mengunggah video melalui kanal pribadi YouTube-nya yang menampilkan dirinya tengah menggunakan bot untuk memaksimalkan akurasi menembak di game Fortnite.

Apesnya, Epic Games selaku pengembang Fortnite mengetahui hal ini dan langsung memberikan hukuman larangan main selama seumur hidup untuk Kaye. Menjadi sasaran hukuman berat membuat sang atlet eSports berlinang air mata menyesali perbuatannya.

"Segala hal yang saya lakukan dengan membuat video ialah untuk memberikan hiburan semata untuk para penonton. Saya tidak pernah berpikir akan mendapat hukuman seumur hidup dari Fortnite karena hanya mengunggah video ini," ujar Kaye dilansir laman berita eSports Independent

"Saya ingin memberikan klarifikasi jika saya tidak pernah melakukan cheat dalam kompetisi game. Saya ingin meminta maaf kepada Epic Games dan berjanji masalah ini tidak akan terulang lagi," pungkasnya.

Jarvis Kaye menjelaskan bahwa dirinya hanyalah semata-mata menggunakan bot untuk memberikan tambahan konten hiburan bagi para fansnya. Ketika mengikuti kompetisi, ia tidak pernah menggunakan cara curang, melainkan lebih mengandalkan kemampuan pribadi.

Penggunaan aimbot memang sudah menjadi hal terlarang bagi game eSports Fortnite. Pihak pengembang bahkan tidak segan-segan mengunci akun atau bahkan menghapus data pengguna jika ada yang kedapatan melakukan cara curang ini.

Epic Games sendiri sudah mewanti-wanti dan tidak memberikan toleransi kepada para cheater sejak tahun 2018. Menggunakan sistem keamanan Kamu buatan Finlandia, game eSports Fortnite bakal dengan cepat menindak tegas para pemain curang.