13.5K

Presiden Putin Kirim Ucapan Duka Atas Kematian Ayah Khabib Nurmagomedov

Sabtu, 4 Juli 2020 13:14 WIB
Penulis: Nadya Riska Nurlutfianti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Valery Sharifulin\TASS via Getty Images
Pelatih Abdulmanap Nurmagomedov (ayah-kiri) dan petarung MMA Khabib Nurmagomedov (anak-kanan). Copyright: © Valery Sharifulin\TASS via Getty Images
Pelatih Abdulmanap Nurmagomedov (ayah-kiri) dan petarung MMA Khabib Nurmagomedov (anak-kanan).

INDOSPORT.COM – Kematian ayah Khabib Nurmagomedov, Abdulmanap Nurmagomedov mengundang berbagai ucapan duka dari berbagai pihak. Salah satunya datang dari presiden Rusia, Vladimir Putin.

Abdulmanap diketahui telah tutup usia pada umur 57 tahun, usai terpapar virus corona (COVID-19) dan mengalami komplikasi pada otak dan jantungnya.

Kabar tersebut pertama kali diutarakan langsung oleh manajer Khabib, Ali Abdelaziz melalui akun media sosial Twitter pribadinya yang terverifikasi, Jumat (03/07/20) malam.

"Saya meminta Allah SWT untuk memberkati orang yang telah meninggal dengan rahmat dan untuk ketabahan hati pada orang yang ditinggalkan," tulis @AliAbdelaziz00.

Kabar duka ini pun mengejutkan berbagai pihak, termasuk Vladimir Putin selaku Presiden Rusia yang memang dikenal dekat dengan sosok Khabib dan Abdulmanap.

Melansir dari laman RT Sports, Kremlin Dmitry Peskov selaku juru bicara Putin mengatakan bahwa sang Presiden telah berbicara dengan Khabib melalui sambungan telepon untuk mengirimkan ucapan duka atas kematian Abdulmanap sekaligus menghibur petarung MMA tersebut.

Vladimir Putin diketahui dekat dengan keluarga Nurmagomedov, ia sempat menyambut Khabib dan ayahnya sebagai tamu kehormatan usai petarung asal Dagestan tersebut mengalahkan Conor McGregor, dan meraih gelar juara kelas ringan UFC pada Oktober 2018.

Putin juga telah menjamin bahwa Abdulmanap akan menerima fasilitas dan layanan medis terbaik di rumah sakit militer Moskow, Rusia, meski Tuhan berkehendak lain.

Sebelumnya ayah Khabib sempat mengalami jatuh sakit dengan gejala mirip pneumonia tiga bulan yang lalu dan belum menjalani tes virus corona. Namun kondisinya semakin memburuk hingga akhirnya Abdulmanap dilarikan ke rumah sakit di pusat kota.

Ia pun akhirnya dinyatakan positif virus corona, yang juga menyebabkan serangkaian komplikasi otak dan jantung. Ia sempat koma dan kemudian dikabarkan berangsur pulih pada pekan lalu.

Akan tetapi kondisi kesehatannya kembali memburuk hingga ayah Khabib Nurmagomedov dinyatakan meninggal dunia. Abdulmanap dikenal sebagai sosok ayah dan juga pelatih para petarung Rusia yang begitu baik dan mengayomi.
 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
100%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%