31.1K

Ada Khabib, Inilah Daftar 13 Petarung MMA Pemegang Sabuk Juara UFC

Selasa, 21 Juli 2020 14:02 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Josh Hedges/Zuffa LLC/Zuffa LLC via Getty Images
Stipe Miocic, juara MMA. Copyright: © Josh Hedges/Zuffa LLC/Zuffa LLC via Getty Images
Stipe Miocic, juara MMA.

INDOSPORT.COM – Berikut daftar 13 petarung Mixed Martial Arts (MMA) pria dan wanita yang memegang gelar sabuk juara Ultimate Fighting Championship (UFC) di delapan kelas berbeda.

Sejak dimulai pada tahun 1993 silam, UFC berhasil menjadi promotor kejuaraan MMA paling bergengsi dan terbesar di dunia. Banyak petarung hebat nan legendaris lahir dari promotor seni bela diri yang berbasis di Amerika Serikat.

Melansir dari laman ESPN MMA, saat ini terdapat 12 kelas berbeda di UFC, delapan untuk para petarung pria dan empat kelas lainnya untuk petarung wanita. Hingga saat ini, semua kelas sudah diraih oleh masing-masing petarung.

8 Gelar Juara Diraih Oleh Para Petarung MMA Pria Terhebat

Saat ini sabuk gelar juara heavyweight direngkuh oleh Stipe Miocic (19-3), yang memenangkan gelar tersebut usai mengalahkan Daniel Cormier pada 17 Agustus 2019.

Kemudian ada petarung kawakan Jon Jones (26-1) selaku peraih sabuk juara di kelas light heavyweight dan mempertahankannya sebanyak tiga kali.

Jon Jones memenangkan gelar tersebut usai menumbangkan Alexander Gustafsson pada 29 Desember 2018. Kemudian ada Israel Adesanya (19-0) yang meraih gelar middleweight setelah menghentikan Robert Whittaker pada 6 Oktober 2019, mempertahankannya satu kali.

Petarung muslim, Kamaru Usman (17-1) memenangkan gelar welterweight setelah mengalahkan Tyson Woodley pada 2 Maret 2019, dan mempertahankannya sebanyak dua kali.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by ESPN MMA (@espnmma) on

Khabib Nurmagomedov (28-0) merupakan petarung dengan status tak terkalahkan yang juga memenangkan gelar kelas lightweight pada 7 April 2018 usai menjatuhkan Al Iaquinta, dan sukses mempertahankan gelar tersebut dua kali.

Namun Justin Gaethje (22-2) juga berstatus sebagai pemegang gelar lightweight sementara setelah menjatuhkan Tony Ferguson di UFC 249 pada 10 Mei lalu.

Kemudian ada Alexander Volkanovski (22-1) selaku jawara kelas featherweight setelah merebutnya dari Max Holloway pada 14 Desember 2019, serta satu kali mempertahankan gelar tersebut.

Petarung lainnya yakni Petr Yan (15-1) menjadi peraih gelar bantamweight usai memenangkannya dari Jose Aldo di UFC 251 pada 12 Juli lalu. Terakhir, ialah Deiveson Figueiredo (19-1) yang juga baru saja meraih gelar tersebut atas Joseph Benavidez di UFC Figh Nigt yang berlangsung 19 Juli kemarin.