21.8K

Profil Israel Adesanya, Petarung MMA yang Samai Rekor Khabib dan Ikuti Jejak 'Dewa' UFC

Kamis, 27 Agustus 2020 19:03 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Mike Roach/Zuffa LLC
Petarung UFC Israel Adesanya. Copyright: © Mike Roach/Zuffa LLC
Petarung UFC Israel Adesanya.

INDOSPORT.COM – Kejuaraan Ultimate Fighting Championship (UFC) memang dipenuhi oleh para petarung hebat dan jawara, salah satunya ialah Israel Adesanya.

Pria yang memiliki nama lengkap Israel Mobolaji Adesanya merupakan petarung Nigeria yang berasal dari keluarga berkecukupan, dengan ayahnya merupakan seorang akuntan, sedangkan ibunya seorang perawat.

Sejak kecil ia memang mengenal dunia beladiri dengan mengikuti kursus taekwondo setelah sepulang sekolah. Namun ibunya memutuskan untuk mengeluarkannya dari kursus tersebut lantaran Adesanya sempat mengalami cedera.

Orangtuanya memutuskan untuk mengirimkan anak-anaknya, termasuk Adesanya ke Selandia Baru agar bisa mendapatkan pendidikan yang layak dan bagus.

Tertarik di Dunia Bela Diri karena Jadi Korban Bullying

Sebenarnya Israel Adesanya sudah tak lagi berminat di bidang olahraga maupun seni bela diri, karena ia lebih menyukai anime Jepang seperti Death Note dan Naruto.

Namun semuanya berubah, setelah ia menjadi korban perundungan (bullying) dan sering mendapatkan intimidasi berupa penganiayaan berupa verbal dan fisik selama bertahun-tahun di masa sekolahnya.

Sejak saat itulah, ia memutuskan untuk kembali menekuni dunia bela diri agar bisa membela dirinya sendiri dan orang lain saat mendapatkan perundungan dari lingkungan sekitar.

Adesanya mulai berlatih kickboxing pada usia 18 tahun karena terinspirasi dari film Muay Thai, Ong-Bak. Sejak saat itu dirinya memutuskan untuk menjadi seorang kickboxer amatir dengan catatan 32-0 sebelum pindah dan bertarung di China serta belajar macam-macam seni bela diri serta mengasah mentalitasnya.

Kemudian petarung berjuluk The Last Stylebender yang terinsipirasi dari film anime Avatar The Last Airbender itu memulai debutnya sebagai petarung MMA profesional dengan sukses mengalahkan James Griffiths pada Maret 2012.