Mengenal Mark Striegl, Manny Pacquiao dari Ranah MMA

Kamis, 27 Agustus 2020 21:02 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Mark Striegl merupakan seniman bela diri asal Filipina yang dianggap sebagai Manny Pacquiao dari ranah olahraga Mixed Martial Arts (MMA).

Sebagian orang mendengar nama negara Filipina langsung teringat dengan sosok Manny Pacquiao. Memang negara berjuluk Lumbung Padi tersebut terkenal dengan olahraga tinju dan basketnya. Namun, bagaimana dengan olahraga lainnya seperti MMA?

Nyatanya Filipina memiliki seniman bela diri yang cukup tangguh yakni Mark Striegl, yang juga baru saja bergabung dengan promotor MMA ternama, Ultimate Fighting Championship (UFC) pada awal Agustus lalu.

Namun Striegl gagal menjalani laga debutnya di UFC Fight Night pada akhir pekan lalu untuk berhadapan dengan Timur Valiev, lantaran terjangkit virus corona, yang memaksanya tak bisa tampil dan mengharumkan nama negaranya.

Latar Belakangnya Sebagai Petarung MMA

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Mark "Mugen" Striegl (@markmugen) on

Melansir dari laman People Pill, petarung yang memiliki nama lengkap Mark Edward Martinez Striegl merupakan atlet berdarah Filipina-Amerika Serikat, yang dibesarkan di Jepang.

Striegl memulai minatnya di dunia seni bela diri karena sang kakak semasa kuliah di Amerika, dengan berkompetisi di disiplin taekwondo dan gulat, sebelum akhirnya belajar jiu-jitsu dan Muay Thai. Kemudian debut sebagai petarung MMA profesional di Total Combat 24 di Amerika Serikat pada 2009.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Mark "Mugen" Striegl (@markmugen) on

Ia kemudian mulai menjajaki kompetisi di Asia seperti Pro Fighting, URCC, Legend FC, Dare Championship MIMMA, PXC, dan ONE Championship.

Petarung berusia 32 tahun itu juga sempat dinobatkan sebagai salah satu prospek terpanas di MMA Asia oleh Yahoo Sports. Mark Striegl yang bertarung di kelas featherweight memiliki catatan rekor kemenangan yakni 18-2-0.