Jadi Petarung Terbaik No 2 UFC, Islam Makhachev Belum Layak di Mata Pelatih

Senin, 28 November 2022 19:55 WIB
Penulis: Hernindya Jalu Aditya Mahardika | Editor: Indra Citra Sena
© REUTERS-Christopher Pike
Islam Makhachev merayakan kemenangan melawan Charles Oliveira REUTERS-Christopher Pike Copyright: © REUTERS-Christopher Pike
Islam Makhachev merayakan kemenangan melawan Charles Oliveira REUTERS-Christopher Pike

INDOSPORT.COM - Pelatih American Kickboxing Academy (AKA), Javier Mendez, menyatakan anak asuhnya Islam Makhachev belum layak berada di peringkat kedua terbaik UFC.

Islam Makhachev merupakan salah satu petarung terbaik yang pernah dimiliki jagat dunia pertarungan MMA dan itu dibuktikan dalam gelaran UFC 280 pada Oktober lalu.

Tampil dalam laga perebutan titel juara kelas ringan UFC, Islam Makhachev bertarung menghadapi sang mantan juara, Charles Oliveira.

Diprediksi banyak pihak bakal mengalami kekalahan di tangan raja kuncian, Islam Makhachev justru membuktikan sebaliknya di mana ia berhasil mengalahkan Oliveira melalui kuncian di ronde kedua.

Berkat kemenangan atas Oliveira, kemampuan Islam Makhachev mulai diakui oleh beberapa pihak yang sempat meragukan kemampuannya.

Bahkan pihak UFC pun langsung memberikan peringkat kedua di divisi pound-for-pound untuk Islam Makhachev usai menumbangkan Oliveira dan merengkuh sabuk juara kelas ringan yang pernah dimiliki rekan seperguruannya, Khabib Nurmagomedov.

Sayangnya status nomor dua terbaik di UFC yang disandang Islam Makhachev dianggap kurang layak oleh pelatihnya, Javier Mendez.

Menurut Javier Mendez, Islam Makhachev seharusnya menjalani beberapa pertarungan lagi sebelum menyandang status sebagai petarung terbaik nomor dua di UFC.

Javier Mendez kemudian menyatakan bahwa pihak UFC terlalu terburu-buru menaruh Islam Makhachev sebagai petarung terbaik nomor dua di divisi pound-for-pound setelah hanya menang sekali di laga perebutan titel juara.

"Lihat, Anda tahu ini sama seperti saya, Islam naik ke peringkat 2 pound-for-pound di UFC hanya dalam satu pertarungan? Bagaimana?," ucap Javier Mendez kepada MMA Junkie.