Begini Kemajuan Pembangunan Venue-venue PON XX Papua 2020

Senin, 4 Februari 2019 08:55 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Indra Citra Sena
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Event multicabang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tinggal setahun lagi. Pemerintah Provinsi Papua pun terus menggeber pengerjaan venue-venue yang akan digunakan tahun depan.

Selain venue utama Stadion Papua Bangkit yang hampir rampung, sejumlah venue lainnya juga sudah memasuki tahap akhir pembangunan. Ada pula venue lainnya yang baru saja memulai pembangunan.

"Venue yang sudah selesai itu ada lapangan futsal dan voli outdoor. Di Mimika Sport Center juga sudah selesai dengan venue atletik, basket, dan wisma atlet," ujar Kepala Bidang Pengelolaan Sarana dan Prasarana Dispora Provinsi Papua, Bernard Sitorus, kepada wartawan di Jayapura, Minggu (3/2/19).

Untuk venue voli indoor serta parkiran di area venue futsal baru akan dikerjakan tahun ini lantaran anggaran pembangunan baru saja keluar.

Kemudian, venue-venue lain seperti sofbol, arena menembak, bisbol, dan GOR tinju yang terletak di Kabupaten Jayapura sudah mencapai progres di atas 20 persen, sedangkan progres pembangunan Istora sudah mencapai tujuh persen.

"Istora yang menggunakan APBN berdasarkan data dari Kementerian PUPR itu baru tujuh persen. Kontrak bermula sejak akhir Oktober lalu. Aquatik baru pembersihan lokasi dan kontraknya mulai 7 Desember," jelasnya.

Selain itu, ada juga beberapa venue lain yang tak dibangun dari awal, melainkan hanya direnovasi dan dipercantik seperti GOR Cenderawasih dan GOR SGO.

Bernard mengaku optimistis pembangunan sejumlah venue PON XX di Papua akan beres sebelum memasuki tahun 2020. 

Terus Ikuti Berita Olahraga Indonesia Lainnya di INDOSPORT