Komunitas Sehat

Dengar Lagu Sambil Olahraga Ternyata Bisa Kurangi Rasa Kelelahan

Senin, 1 Juli 2019 20:21 WIB
Penulis: Nadya Riska Nurlutfianti | Editor: Arum Kusuma Dewi
© cbhs.com.au
Ilustrasi persiapan olahraga Copyright: © cbhs.com.au
Ilustrasi persiapan olahraga

INDOSPORT.COM – Siapa sangka ternyata mendengarkan musik sambil berolahraga bisa mengurangi rasa lelah dan membuat aktivitas menjadi lebih ringan.

Pernyataan tersebut dikemukakan oleh Profesor Psikologi Universitas Oxford, Robin Dunbar. Menurut Dunbar, mendengarkan musik saat berolahraga bisa melepaskan bahan kimia di otak yang menghilangkan rasa sakit dan membuat Anda lebih aktif.

Saat menjadi pembicara di Konferensi Society for Music Perception & Cognition, di Amerika Serikat, Dunbar mengatakan bahwa mendengarkan musik saat berolahraga bisa melepaskan zat kimia dalam otak bernama Opioid.

Zat Opioid merupakan obat alami yang dihasilkan oleh otak untuk penghilang rasa sakit alami seperti morfin yang bekerja pada saraf dan otak sehingga tubuh tidak merasakan rasa sakit.

Berinteraksi menggunakan musik dan menari bisa meningkatkan sinyal Opioid lebih aktif. Penelitian yang dilakukan oleh Dr Tom Fritz dari Max Planck Institute mengatakan bahwa lagu bisa membantu sesi olahraga lebih baik.

Ia juga menyimpulkan bahwa enam menit mendengarkan musik membuat manusia tidak mudah merasa lelah baik secara fisik maupun mental.

“Anda tidak perlu ahli syaraf karena musik membantu menggairahkan tubuh meski tergantung dengan situasi apakah membuat bahagia atau menyedihkan. Tetapi momen tersebut akan menjadi menyenangkan jika dikaitkan dengan penelitian dasar tentang biologis musik,” tutur Dr Tom.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%