SEA Games 2019 Sebentar Lagi, Filipina Masih Terganjal Masalah Besar

Sabtu, 14 September 2019 15:09 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Wikipedia
Logo Sea Games 2019 Copyright: © Wikipedia
Logo Sea Games 2019

INDOSPORT.COM – Kurang dari tiga bulan sebelum SEA Games 2019 dibuka, Komisi Olahraga Filipina (PSC) justru belum mempersiapkan peralatan yang akan dibutuhkan untuk kompetisi.

“Kekhawatiran terbesar kami adalah belum tersedianya peralatan, jadi kami menyerahkan diri hingga Senin untuk menyelesaikan masalah ini,” ujar ketua Komisi Olahraga Filipina, Butch Ramirez, dikutip dari ABS.

Federasi-federasi itu menyatakan dari 61 permintaan sejumlah peralatan penting untuk menjalankan acara, hanya 18 yang telah disetujui dengan berbagai tawaran yang dilakukan oleh PSC.

Para pejabat mengadakan pertemuan yang tertutup untuk media. Transportasi, sistem tiket, akomodasi dan manajemen lokasi juga dibahas pada pertemuan itu.

Pertemuan itu dihadiri oleh ketua DPR Alan Peter Cayetano yang juga sebagai ketua penyelenggara SEA Games, Presiden Komite Olimpiade Filipina (POC) Abraham “Bambol” Tolentino dan juga para pemimpin olahraga lokal lainnya juga hadir.

Ramirez juga menyebut tentang sedikit kekhawatiran tentang venue. Ia bahkan menginstruksikan kepada pejabat olahraga jika perlu membuat rencana B.

“Kami memiliki 77 hari lagi. Kami harus menemukan solusi yang sangat baik jika Filipina tidak dapat menjadi tuan rumah. Harus ada alternatif cepat,” tuturnya.

Sebanyak 600 juta peso Filipina atau sekitar 162 miliar rupiah telah dialokasikan untuk mendapatkan peralatan yang akan digunakan kompetisi pada pembukaan SEA Games 2019 di Bulacan, Filipina, 30 November mendatang.

Penulis: Anindya Nada