AC Milan dan Juventus Terlibat, Inilah 5 Skandal Terbesar dalam Sejarah Dunia Olahraga

Minggu, 1 Mei 2022 07:45 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Prio Hari Kristanto
© Getty Images
Ketua Umum FIGC, Franco Carraro, yang mengundurkan diri karena Calciopoli. Copyright: © Getty Images
Ketua Umum FIGC, Franco Carraro, yang mengundurkan diri karena Calciopoli.

INDOSPORT.COM - Lima skandal terburuk yang melibatkan olahraga-olahraga besar di dunia, termasuk sepak bola yang disumbang oleh AC Milan dan Juventus. 

Doping, korupsi, sabotase, dan kekerasan tidak akan pernah ditoleransi di olahraga manapun terutama di level profesional. 

Hanya saja praktek-praktek bejat tersebut masih saja dilakukan dan dalam skala yang besar di olahraga dan ajang terkemuka pula.

Yang berhasil diungkap ke publik pada akhirnya menjadi skandal melegenda dan bukan tidak mungkin pada masa depan bakal lebih banyak kontroversi yang akan terbongkar.

Berikut ini adalah lima skandal paling besar di cabang-cabang olahraga populer dunia.

1. Calciopoli (sepak bola)

Liga Italia atau Serie A punya reputasi sebagai salah satu kompetisi paling bergengsi di mata publik pecinta sepak bola dunia.

Banyak bintang besar dari berbagai era pernah merumput di sana seperti Diego Maradona, Zinedine Zidane, Ronaldo, Francesco Totti, hingga Paolo Maldini.

Akan tetapi, pamor mereka sempat berada di titik nadir usai terungkapnya skandal pengaturan skor dan penyuapan pada 2006 silam. Di kemudian hari, skandal tersebut diberi nama Calciopoli.

Semua berawal dari temuan polisi tentang adanya bukti-bukti keterlibatan klub-klub besar, wasit, hingga ofisial liga dan pemerintah dalam memanipulasi jalan dan hasil pertandingan.

Direktur Juventus saat itu, Luciano Moggi, dituding sebagai dalang operasi gelap tersebut. Ia diduga melakukan kongkalikong dengan pihak-pihak tertentu sehingga bisa mengatur siapa saja wasit yang memimpin laga Juventus.  

Untuk menutupi semua itu, media juga kabarnya Moggi kendalikan. Semua berakhir setelah polisi Italia menjebaknya dengan percakapan telepon yang disadap.

Sebagai hukuman, Moggi kemudian dipenjara. Juventus dipaksa turun kasta ke Serie B. Sementara itu AC Milan, Fiorentina, Lazio, dan Reggina dijatuhi pemangkasan poin.