In-depth

Cerita Garrett Gerloff, Si Pengganti Rossi di MotoGP yang Pernah Gegar Otak

Kamis, 5 November 2020 09:46 WIB
Editor: Lanjar Wiratri
© Mirco Lazzari gp/Getty Images
Yamaha menunjuk Garrett Gerloff menjadi pembalap pengganti yang akan bersiaga di ajang MotoGP Eropa di Sirkuit Valencia. Copyright: © Mirco Lazzari gp/Getty Images
Yamaha menunjuk Garrett Gerloff menjadi pembalap pengganti yang akan bersiaga di ajang MotoGP Eropa di Sirkuit Valencia.

INDOSPORT.COM - Yamaha menunjuk Garrett Gerloff menjadi pembalap pengganti Valentino Rossi yang akan bersiaga di ajang MotoGP Eropa di Sirkuit Valencia. Lantas siapakah Garrett Gerloff yang sebelumnya lebih banyak berkiprah di ajang World Supebike (WorldSBK)?

Tim Monster Energy Yamaha MotoGP telah menunjuk Garrett Gerloff dari GRT Yamaha WorldSBK Team sebagai pembalap pengganti untuk menggantikan Valentino Rossi jika pembalap Italia itu tidak dapat mengikuti balapan MotoGP Eropa akhir pekan ini.

Hasil tes PCR Rossi sendiri masih dinyatakan positif corona pada Selasa (03/11/20) lalu. Ia Masih memiliki kesempatan membalap di Valencia jika dari dua tes PCR yang dilakukan pada Rabu dan Kamis ini hasilnya negatif.

Namun jika The Doctor, julukan Rossi, tidak dapat memenuhi persyaratan dua hasil tes PCR negatif ia akan absen untuk ambil bagian dalam MotoGP akhir pekan ini dan pembalap Amerika Serikat (AS) itu akan menggantikan Rossi.

Gerloff sendiri meski memiliki pengalaman membalap di WorldSBK, namun ini akan menjadi 
kali pertama ia merasakan atmosefer MotoGP. Meski begitu, Tim Monster Energy Yamaha yang biasanya membantu Rossi kali ini akan mendukung Gerloff menunggangi motor YZR-M1 perdananya.

Gerloff memulai karier di kancah balapan motor dengan mantap di AS. Gerloff berlaga di kancah kelas MotoAmerica Supersport pada 2015 dan finis ketiga di akhir musim perdananya itu. Lalu ia tampil dua kali lebih baik pada 2016 dan 2017 dengan menjadi juara sebanyak dua kali pada usia 22 tahun.

Pindah ke kelas MotoAmerica Superbike pada tahun 2018 adalah perkembangan alami untuk Gerloff. Bergabung dengan skuad pabrikan Yamaha, Gerloff sukses mengamankan lima podium dan menempati posisi kelima di klasemen akhir di tahun rookie-nya.