Formula 1

Sirkuit Spa-Francorchamps Diguyur Hujan, F1 GP Belgia Diwarnai Drama

Minggu, 29 Agustus 2021 21:50 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© (Photo by Bryn Lennon/Getty Images)
Sirkuit Spa-Francorchamps, venue F1 GP Belgia. Copyright: © (Photo by Bryn Lennon/Getty Images)
Sirkuit Spa-Francorchamps, venue F1 GP Belgia.

INDOSPORT.COM - Balapan F1 GP Belgia 2021, yang berlangsung di Sirkuit Spa-Francorchamps, Sabtu (29/08/21), diwarnai cuaca yang tidak bersahabat.

Ya, Sirkuit Spa-Francorchamps yang diguyur hujan ternyata sudah membuat drama bahkan sebelum balapan dimulai. Pasalnya, pembalap Red Bull, Sergio Perez, kehilangan kontrol di permukaan trek yang basah hingga akhirnya menabrak pembatas.

Insiden ini pun membuat Perez yang seharusnya start di posisi tujuh grid sempat terancam mengorbankan poinnya di F1 GP Belgia kali ini. Di sisi lain, sang rekan, Max Vertsappen, tetap memulai balapan dari pole position.

Sesaat setelah insiden terjadi, Direktur Olahraga Red Bull, Jonathan Wheatley, pun mengatakan kepada Race Director, Michael Masi, bahwa Perez tidak bisa melanjutkan balapan karena kerusakan pada suspensi depan kanan yang terlalu ekstrem.

Karena faktor cuaca, start balapan pun sempat mengalami penundaan. Selain itu, formation lap juga digelar dengan kawalan safety car.

Meski begitu, para pembalap melaporkan adanya gangguan aquaplaning dan visibilitas yang sangat rendah. Red flag, mereka pun kembali ke pit.

Melihat situasi yang kurang kondusif di Sirkuit Spa-Francorchamps, para pembalap yang sudah keluar dari mobil masing-masing pun menunggu kabar selanjutnya dari pihak penyelenggara, apalah balapan dilanjut atau tidak.

Nah, di tengah ketidakpastian F1 GP Belgia 2021, Sergio Perez kemudian sempat dipertimbangkan untuk bisa start di balapan kali ini. Pihak otoritas terkait pun kemudian melihat aturan apakah kebijakan tersebut memungkinkan atau tidak.

Setelah melakukan komunikasi dengan pihak Red Bull, Michael Masi pun mengonfirmasi bahwa Perez bisa start balapan dari pit lane jika mobilnya bisa diperbaiki tepat waktu.