Bikin Bangga, Indonesia Bakal Jadi Tuan Rumah 3 Kejuaraan Balap Dunia

Jumat, 26 November 2021 20:05 WIB
Penulis: Nadya Riska Nurlutfianti | Editor: Indra Citra Sena
© ITDC/MGPA
Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat Copyright: © ITDC/MGPA
Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat

INDOSPORT.COM – Nama Indonesia bakal semaki dikenal dunia karena bakal menjadi tuan rumah untuk tiga kejuaraan balap kelas dunia salah satunya MotoGP Mandalika.

Hal tersebut diketahui dari Bambang Soesatyo selaku Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI, yang mengatakan bahwa Indonesia bangga bisa menghelat tiga ajang motorsport sekaligus.

Yakni Superbike (WSBK) dan MotoGP di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB), serta satu lagi ialah kejuaraan balap listrik Formula E di DKI Jakarta alias Jakarta E-Prix pada 2022.

"Kalau Singapura bangga dengan Formula 1, Malaysia bangga dengan MotoGP dan F1, Indonesia punya tiga sekaligus, yaitu Superbike, MotoGP, dan Formula E," ujar Bambang Soesatyo, dilansir dari Antara.

Pria yang akrab disapa Bamsoet itu juga mengatakan Superbike lebih dulu sukses digelar pada November 2021 kemarin, disusul MotoGP sekitar Maret 2022, dan Formula E pada Juni 2022.

Terkait Formula E yang diselenggarakan di Ibu Kota, Bamsoet selaku Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) itu mengaku bangga karena kini nama Jakarta akan bersanding dengan sejumlah kota besar lainnya di dunia yang juga menggelar kejuaraan dunia tersebut.

Contohnya seperti Berlin (Jerman), Seoul (Korea Selatan), New York (Amerika Serikat), London (Inggris), Roma (Italia), dan Monako (Perancis).

"Dengan 40 media internasional yang mengcover secara eksklusif dan menyiarkan secara langsung ke lebih dari 150 negara. E-Prix akan membawa nama Jakarta dan Indonesia ke tingkatan baru yang lebih tinggi," tukasnya.