MotoGP

Deretan Kritik Rider MotoGP Terhadap Sirkuit Mandalika dalam Tes Pramusim

Senin, 14 Februari 2022 12:15 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© Jose Breton/Pics Action/NurPhoto via Getty Images
Gelaran tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika baru saja berakhir. Meski banjir pujian, sejumlah rider tetap melontarkan kritikan. Siapa saja? (Jose Breton/Pics Action/NurPhoto via Getty Images) Copyright: © Jose Breton/Pics Action/NurPhoto via Getty Images
Gelaran tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika baru saja berakhir. Meski banjir pujian, sejumlah rider tetap melontarkan kritikan. Siapa saja? (Jose Breton/Pics Action/NurPhoto via Getty Images)

INDOSPORT.COM – Gelaran tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika baru saja berakhir. Meski banjir pujian, sejumlah rider tetap melontarkan kritikan. Siapa saja?

MotoGP 2022 baru saja merampungkan tes pramusim di Sirkuit Mandalika, yang merupakan tes kedua dan terakhir musim ini setelah di Sirkuit Sepang 2 pekan lalu.

Tes di Mandalika sendiri digelar selama 3 hari yakni Jumat (11/02/22) hingga Minggu (13/02/22) pukul 08.00 WIB – 16.00 WIB.

Dalam sesi tes pramusim tersebut, rider Repsol Honda yakni Pol Espargaro tampil menonjol dengan keluar sebagai yang tercepat pada 2 hari, yakni hari pertama dan terakhir. Sementara itu, adik tiri Valentino Rossi, Luca Marini, menjadi yang tercepat pada hari kedua.

Sementara itu, posisi kedua menjadi peringkat terbaik juara dunia musim lalu Fabio Quartaro, yang ia catatkan di hari terakhir.

Di sisi lain, Marc Marquez yang finis sebagai pembalap tercepat kedua di hari kedua, pada hari terakhir melorot ke posisi 14. Namun, rekan setim Pol Espargaro itu menyebut bahwa di hari terakhir ia memang tak mencari kecepatan terbaik, melainkan lebih berusaha menemukan settingan motor yang tepat.

Dengan berakhirnya tes pramusim di Mandalika, maka kalender berikutnya di MotoGP 2022 adalah balapan seri pertama yakni MotoGP Qatar di Sirkuit Losail pada 6 Maret, yang akan diikuti seri kedua yakni MotoGP Mandalika pada 20 Maret.

Secara keseluruhan, tes pramusim MotoGP di Sirkuit Mandalika terbilang lancar. Sejumlah rider pun melontarkan pujian terhadap keindahan alam di sekitar sirkuit, kualitas sirkuit, maupun keramahan masyarakat dan kesigapan para panitia.

Namun, di balik itu tidak sedikit pembalap MotoGP yang melontarkan kritikan, khususnya terkait kondisi lintasan di Mandalika yang dinilai belum memuaskan dan sedikit kotor.

Seperti diketahui, tes pramusim hari pertama memang sempat dihentikan sejenak karena lintasan yang kotor akibat lumpur setelah diguyur hujan semalaman.

Lantas, siapa saja rider yang dimaksud dan seperti apa kritikan mereka? Berikut rangkumannya: