Ada Susy Susanti, 5 Pebulutangkis yang Mujur Usai Juara Australia Open

Senin, 8 Juni 2020 13:32 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© Tony Marshall/EMPICS via Getty Images
Susy Susanti masuk ke dalam daftar pebulutangkis dunia yang mujur di Olimpiade setelah berhasil merengkuh juara Australia Open. Copyright: © Tony Marshall/EMPICS via Getty Images
Susy Susanti masuk ke dalam daftar pebulutangkis dunia yang mujur di Olimpiade setelah berhasil merengkuh juara Australia Open.

INDOSPORT.COMSusy Susanti masuk ke dalam daftar pebulutangkis dunia yang mujur di Olimpiade setelah berhasil merengkuh juara Australia Open. Siapa sajakah mereka?

Australia Open 2020 sendiri seharusnya telah bergulir pada pekan ini. Namun sayangnya, pandemi virus corona atau Covid-19 belum mereda di berbagai belahan dunia.

Ajang Autralia Open sendiri awalnya merupakan salah satu ajang yang ditunggu oleh para pebulutangkis muda, terutama dari wilayah Oceania.

Karena turnamen ini akan dijadikan sebagai tantangan untuk menguji diri dalam kontes dengan intensitas tinggi. Mengingat, pebulutangkis Oceania masih belum bisa berbicara banyak.

Namun seiring berjalannya waktu, Australia Open telah menarik minat banyak pebulutangkis elite. Tak jarang dari mereka bakal bernasib mujur jika memenangkan ajang ini.

Berikut INDOSPORT mencoba untuk merangkum setidaknya 5 bintang bulutangkis dunia yang mujur di ajang Olimpiade usai menjuarai Australia Open.

Susy Susanti – Juara Australia Open 1990

© Sanchit Khanna/Hindustan Times via Getty Images
Susy Susanti, Kabidbinpres PP PBSI. Copyright: Sanchit Khanna/Hindustan Times via Getty ImagesSusy Susanti bernasib mujur di Olimpiade setelah berhasil merengkuh juara Australia Open.

Susy Susanti merupakan kekuatan tunggal putri Indonesia yang sangat dominan di awal 1990-an. Hal itu membuat namanya dikenang oleh seluruh masyarakat tanah air.

Menurut situs resmi BWF, Susy Susanti turun di tiga nomor berbeda, yakni tunggal putri, ganda putrid an ganda campuran.

Kemudian Susy Susanti mampu merengkuh gelar tunggal putri dengan mencopot juara bertahan dan favorit tuan rumah Anna Lao dengan kemenangan telak 11-1, 11-4.

Setelah hasil sempurna tersebut Susy Susanti pun langsung bernasib mujur. Mengingat, ia mampu menjadi peraih medali emas Olimpiade tunggal putri.

Chen Long – Austrlia Open 2015

© Shi Tang/Getty Images
Selebrasi pemain asal China, Chen Long. Copyright: Shi Tang/Getty ImagesPemain asal China, Chen Long bernasib mujur di Olimpiade setelah berhasil merengkuh juara Australia Open.

Bintang bulutangkis dunia kedua yang merasakan hal serupa adalah pemain asal China, Chen Long. Ia mampu menjadi juara Australia Open 2015.

Itu dihasilkan setelah Chen Long berhasil mengalahkan wakil Denmark Viktor Axelsen melalui tiga set (skor 21-12, 14-21, 21-18).

Setahun berselang, Chen Long merasakan nasib yang mujur setelah merengkuh gelar Australia Open 2015. Bagaimana tidak, ia mampu meraih medali emas Olimpiade 2016.

Sekedar informasi tambahan, Chen Long mampu menambah pundi-pundi emas China di Olimpiade 2016 usai mengalahkan Lee Chong Wei di partai puncak dengan skor identik 21-18.