Perbandingan Statistik 2 'Dewi' Bulutangkis Dunia: Liliyana Natsir vs Zhao Yunlei

Rabu, 17 Juni 2020 09:28 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Dean Mouhtaropoulos/Getty Images
Melihat adu statistik dua dewi bulutangkis dunia, Liliyana Natsir dari Indonesia vs Zhao Yunlei dari China, siapa yang terbaik? Copyright: © Dean Mouhtaropoulos/Getty Images
Melihat adu statistik dua dewi bulutangkis dunia, Liliyana Natsir dari Indonesia vs Zhao Yunlei dari China, siapa yang terbaik?

INDOSPORT.COM - Melihat adu statistik dua dewi bulutangkis dunia, Liliyana Natsir dari Indonesia vs Zhao Yunlei dari China, siapa yang terbaik?

Baik Liliyana Natsir maupun Zhao Yunlei sama-sama merupakan pemain spesialisasi ganda terbaik di eranya. Sama seperti Liliyana Natsir yang bermain di ganda putri dan campuran, Zhao Yunlei pun juga turut melakukan hal yang sama di Timnas Bulutangkis China.

Tetapi, peperangan antara Liliyana Natsir dan Zhao Yunlei lebih menarik disaksikan di sektor ganda campuran. Dengan pasangannya masing-masing, yakni Tontowi Ahmad dan Zhang Nan, kedua dewi bulutangkis dunia tersebut kerap kali bertemu di ajang bulutangkis internasional semasa masih aktif bermain.

Lantas, dilihat dari statistik, siapakah yang menjadi terbaik antara Liliyana Natsir dan Zhao Yunlei? Berikut INDOSPORT.com merangkum statistik mereka di ganda campuran dilansir dari Youtube akun Badminton Statistik:

Major Event

Liliyana Natsir berhasil memenangkan dua medali di ajang Olimpiade, yakni medali perak di Olimpiade Beijing 2008 dan emas di Olimpiade rio 2016. Sedangkan Zhao Yunlei juga berhasil memenangkan dua medali, yakni emas di Olimpiade London 2012 dan perunggu di Olimpiade Rio 2016.

Di gelaran Kejuaraan Dunia Bulutangkis, Liliyana Natsir berhasil meraih tujuh medali dengan rincian dua medali perunggu, satu medali perak dan empat medali emas. Sementara Zhao Yunlei berhasil meraih empat medali dengan rincian tiga medali emas dan satu medali perunggu.

Pada turnamen World Cup, Liliyana Natsir sukses meraih dua medali yakni perak dan emas, sedangkan Zhao Yunlei tidak pernah meraih medali di turnamen tersebut.

Untuk Asian Games, eks rekan duet Tontowi Ahmad hanya berhasil meraih medali perunggu dan perak. Sementara musuh bebuyutannya, Zhao Yunlei lebih sukses dengan meraih satu medali emas dan perak.

Beranjak ke pagelaran Kejuaraan Asia, legenda ganda campuran Indonesia sukses mengoleksi enam medali dengan rincian, satu medali perunggu, tiga medali perak dan dua medali emas. Sementara, meskipun meraih medali lebih sedikit dari Liliyana Natsir, Zhao Yunlei punya catatan lebih baik dengan tiga medali emas dan satu medali perak.

Terakhir untuk SEA Games, Liliyana Natsir berhasil meraih satu medali perunggu dan tiga medali emas, sementara Zhao Yunlei yang memang tidak pernah terlibat di acara tersebut sama sekali tidak pernah meraih medali.

Jadi, kalau disimpulkan tanpa memasukkan gelaran SEA Games, Liliyana Natsir dan Zhao Yunlei sama-sama meraih delapan medali emas. Tetapi wakil Indonesia berhasil meraih tujuh medali perak dan empat perunggu, sedangkan wakil China berhasil meraih dua medali perak dan perunggu.

Apabila dilihat dari pencapaian medali emas di major event, keduanya sama-sama kuat, tetapi jika dilihat dari total raihan jumlah medali, maka Liliyana Natsir lebih dominan dari Zhao Yunlei.