5 Petenis Putri Terkaya Saat Ini, Serena Williams Nomor 2

Rabu, 19 Agustus 2020 17:04 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Mohammed Elshamy/Anadolu Agency/Getty Images
Serena Williams dan Naomi Osaka akan kembali tampil di Cincinnati Open 2020. Copyright: © Mohammed Elshamy/Anadolu Agency/Getty Images
Serena Williams dan Naomi Osaka akan kembali tampil di Cincinnati Open 2020.

INDOSPORT.COMTenis menjadi gudangnya atlet wanita untuk meraup pundi-pundi kekayaan. Daftar Forbes menyebutkan, sembilan dari sepuluh atlet putri terkaya dunia datang dari cabor tenis.

Satu-satunya pengecualian adalah Alex Morgan, bintang sepak bola AS yang memiliki kekayaan 4,6 juta dolar AS atau sekitar 67 miliar rupiah.

Ini semua berkat Rosie Casals, petenis AS yang memprotes jumlah nominal hadiah yang berbeda antara pemain laki-laki dan perempuan, 50 tahun lalu. AS Terbuka menjadi turnamen Grand Slam pertama yang memberikan nominal hadiah setara, pada 1973.

Saat ini, petenis muda Naomi Osaka tercatat sebagai atlet wanita dengan pendapatan tertinggi di dunia, mengalahkan rekor Maria Sharapova pada 2015 lalu. Saat itu Sharapova menghasilkan 29,7 juta dolar setahun atau sekitar 438 miliar rupiah.

Selain Osaka, siapa saja lima petenis wanita dengan penghasilan terbesar dalam satu tahun terakhir? Berikut INDOSPORT rangkum informasinya, berdasarkan data yang dirilis Forbes.

Bianca Andreescu (8,9 juta dolar AS atau Rp131 miliar)

Bianca Andreescu mencatat sejarah saat menjadi petenis Kanada pertama yang memenangkan gelar Grand Slam, kala juara AS Terbuka 2019.

Gelar tersebut dan peringkat 5 dunia yang diraihnya di akhir tahun lalu membuatnya mendapat bonus dari sponsor yakni Nike. Sejak memenangkan gelar itu, petenis yang baru berusia 20 tahun ini langsung kebanjiran sponsor, di antaranya Rolex, Gatorade, dan matras merek Sleep Country.

Simona Halep (10,9 juta dolar AS atau Rp160 miliar)

Petenis asal Rumania ini mendapatkan gelar Grand Slam keduanya ketika memenangkan Wimbledon tahun lalu. Pada 2019, ia secara total memenangkan hadiah turnamen senilai nyaris 7 juta dolar AS.

Simona Halep juga menghasilkan 4 juta dolar hanya dari endorsement dari beberapa brand yang mendunia seperti Nike, Wilson, serta Hublot and Avon.

Awal pekan ini, Halep baru saja menjuarai turnamen Praha Terbuka usai mengalahkan Elise Mertens di partai final. Namun ia memastikan tak akan berpartisipasi di dua turnamen AS nanti, Cincinnati Terbuka dan AS Terbuka.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%