Tembus Perempat Final Australian Open, Rafael Nadal Bayangi Rekor Federer dan Djokovic

Senin, 15 Februari 2021 19:11 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
© Getty Images
Rafael Nadal Merespons dengan Tersenyum. Copyright: © Getty Images
Rafael Nadal Merespons dengan Tersenyum.

INDOSPORT.COM – Petenis asal Spanyol, Rafael Nadal, kini mendekati rekor Roger Federer dan Novak Djokovic, dalam hal total kemenangan setelah memastikan tiket ke perempat final Australian Open 2021.

Petenis unggulan kedua ini meraih kemenangan 6-3, 6-4, 6-2 atas unggulan 16 asal Italia, Fabio Fognini  dalam dua jam dan 16 menit di Rod Laver Arena, Melbourne, Senin (15/02/21).

Kemenangan atas Fognini tersebut tidak hanya membuka pintu Rafael Nadal untuk mengincar gelar Grand Slam ke-21 dalam kariernya namun juga mencatat rekor.

Dilansir dari Essentially Sport, hasil tersebut membuat Nadal mampu menyalip Jimmy Connors dalam sebagian besar pertandingan yang dimenangkan di hard court.

Connors tercatat memenangkan 489 pertandingan di sepanjang kariernya, dan dengan kemenangan atas Fognini ini, Nadal unggul satu dengan 490 kemenangan.

Catatan terbaru Nadal ini hampir mendekati dua pesaingnya, Roger Federer dan Novak Djokovic, yang merupakan satu-satunya pemain yang berada di  Nadal dan puncak daftar yang didambakan tersebut.

Berjumpa di babak keempat, Nadal dan Fognini sebelumnya sudah bermain satu sama lain 16 kali. Nadal lebih unggul dari Fogini dengan 12 kemenangan dan empat kekalahan.

Sementara pada pertemuan di babak keempat ini, terjadi pertarungan seru. Baik Nadal dan Fogini sama-sama jual beli serangan, meski Nadal mampu memastikan set pertama dengan 6-3.

Di set kedua, Nadal justru semakin beringas. Tidak hanya melakukan serangan, dia pun memanfaatkan kesalahan Fogini yang berujung pada kemenangan Nadal 6-4.

Tinggal satu set lagi untuk memastikan Nadal menuju perempat final. Selama set tersebut, Rafa mematahkan servis pemain Italia itu dua kali dan menutup set tersebut dengan sebuah ace, memenangkan set tersebut 6-2.

Nadal melaju ke perempat final kejuaraan Grand Slam ke-43 dan tetap berada di jalur untuk meraih gelar kejuaraan utamanya yang ke-21.

Nadal sedang berusaha menjadi petenis pertama di Open Era yang memenangi dua gelar atau lebih dari empat Grand Slam. Dia selanjutnya akan bertemu unggulan kelima dari Yunani Stefanos Tsitsipas di babak perempat final Australian Open 2021.