Kangkangi Federer, Djokovic Pegang Rekor Petenis No 1 Dunia Terlama

Selasa, 9 Maret 2021 14:02 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Tim Clayton/Corbis via Getty Images
Unggul dari Roger Federer, Novak Djokovic memegang rekor pemain dengan peringkat 1 terlama sepanjang sejarah ATP. Copyright: © Tim Clayton/Corbis via Getty Images
Unggul dari Roger Federer, Novak Djokovic memegang rekor pemain dengan peringkat 1 terlama sepanjang sejarah ATP.

INDOSPORT.COM – Petenis asal Serbia, Novak Djokovic, kini memegang rekor pemain dengan peringkat 1 terlama sepanjang sejarah ATP. Ia pun berhasil melampui rekor yang dipegang oleh rival abadinya, Roger Federer.

Berdasarkan laporan dari situs resmi ATP Tour pada hari Senin (08/03/21), ranking ATP yang dirilis pekan ini menunjukkan Novak Djokovic telah menduduki peringkat teratas selama 311 pekan.

Dengan demikian, petenis 33 tahun itu pun resmi menggusur Roger Federer (310 pekan) yang sebelumnya berstatus pemilik rekor petenis nomor 1 terlama, memecahkan rekor Pete Sampras dengan 286 pekan pada 16 Juli 2012.

"Ini benar-benar menggairahkan saya untuk berjalan di jalur legenda dan raksasa olahraga ini," kata Djokovic dilansir dari berita tenis laman BBC.

"Mengetahui bahwa saya telah mendapatkan tempat saya di antara mereka dengan mengikuti impian masa kecil saya adalah konfirmasi indah bahwa ketika Anda melakukan sesuatu karena cinta dan gairah, segalanya mungkin," ucapnya lagi.

Pencapaian Novak Djokovic ini bukanlah tanpa alasan. Pasalnya, ia telah mempertahankan posisinya di nomor 1 setelah merebut trofi Australian Open kesembilan sekaligus gelar Grand Slam ke-18 bulan lalu di Melbourne Park.

Djokovic pertama kali menjadi petenis nomor 1 dunia pada 4 Juli 2011. Namun posisinya sempat terjun bebas ke posisi nomor 22 pada 21 Mei 2018 akibat cedera dan kembali ke posisi teratas pada 5 November 2018.

Sejak saat itu, dia menghabiskan 88 pekan di peringkat pertama. Sebelumnya, dia juga mencetak rekor terpanjangnya di puncak selama 122 pekan antara Juli 2014 dan November 2016.

Ia masih berpeluang besar mempertajam rekor tersebut karena ia berjarak cukup jauh dari Rafael Nadal yang ada di posisi kedua saat ini.

Djokovic duduk di posisi pertama dengan koleksi 12.030 poin, sedangkan Nadal ada di peringkat kedua dengan torehan 9.850 poin.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%