Serba-serbi Turnamen Tenis Grand Slam Prancis Terbuka 2021

Jumat, 14 Mei 2021 15:17 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
© Aurelien Meunier/Getty Images
Rafael Nadal juara Prancis Terbuka 2020. Copyright: © Aurelien Meunier/Getty Images
Rafael Nadal juara Prancis Terbuka 2020.

INDOSPORT.COM – Kompetisi Grand Slam kedua musim 2021 ini akan berlangsung di lapangan tanah liat Roland Garros, Paris, yang bertajuk Prancis Terbuka. Ada apa saja di dalam turnamen tenis tersebut?

Prancis Terbuka merupakan salah satu dari empat turnamen Grand Slam kejuaraan tenis terkemuka di dunia. Tiga turnamen lainnya, yakni Australia Terbuka, AS Terbuka dan Wimbledon.

Pada musim 2021 ini, petenis gaek asal Swiss Roger Federer akan bersaing di Pracis Terbuka setelah comeback terakhirnya. Sementara Rafael Nadal dan Iga Swiatek akan berupaya mempertahankan gelar juara edisi sebelumnya.

Berikut ini INDOSPORT menjabarkan apa saja informasi penting yang perlu disimak mengenai penyelenggaraan turnamen Prancis Terbuka ini.

1. Tanggal dan Jadwal Turnamen

Prancis Terbuka telah ditunda seminggu karena penyelenggara menginginkan lebih banyak bisa diizinkan untuk menghadiri acara tersebut di tengah pandemi virus corona

Turnamen yang juga dikenal dengan Roland Garros ini sedianya dimulai 24 Mei kini akan dijadwalkan dari tanggal 30 Mei sampai 13 Juni dengan babak kualifikasi berlangsung sepekan sebelumnya.

Diketahui, Prancis saat ini sedang dalam masa lockdown nasional ketiga menyusul lonjakan kasus COVID-19, sehingga Federasi Tenis Prancis mengklaim penundaan adalah ‘solusi terbaik’.

Nantinya, final Prancis Terbuka untuk sektor putri akan berlangsung pada hari Sabtu, 12 Juni, sedangkan final putra sekaligus penutup acara akan digelar Minggu, 13 Juni.

2. Akan Dihadiri 1.000 Penonton

Untuk pertama kalinya sejak pandemi, setiap lapangan utama di Roland Garros boleh dihadiri penonton hingga 1.000 orang. Sementara, venue yang lebih kecilhanya boleh menerima 35 persen dari kapasitas.

Kepastian adanya penonton di ajang Prancis Terbuka ini sudah dikonfirmasi langsung oleh Menteri Pendidikan Nasional, Pemuda dan Olahraga Prancis Jean-Michel Blanquer, seperti disiarkan Reuters, Senin (03/05/21).

Batas jumlah penonton akan ditingkatkan menjadi 65 persen, yakni 5.000 orang, mulai 9 Juni, ketika turnamen lapangan tanah liat ini mencapai babak perempat final. 

Hal ini menandai peningkatan pada turnamen yang tahun lalu ditunda ketika maksimal 1.000 penonton diizinkan di lapangan Roland Garros.

3. Kapan Hasil Undian Diumumkan Siapa yang Akan Bermain?

Sampai saat ini, Prancis Terbuka belum melakukan pengundian pertandingan. Meski begitu, beberapa nama besar dipastikan akan ambil bagian pada turnamen ini.

Peraih 20 gelar Grand Slam Roger Federer sudah memastikan kehadirannya di Roland Garros akhir bulan nanti. Kepastian ini juga ditunjukkan Federer dengan dirinya giat berlatih di lapangan tanah liat.

Rafael Nadal, yang dikenal sebagai ‘Raja Tanah Liat’ dengan mengumpulkan 13 dari 20 gelar Grand Slam-nya di  ibukota Prancis, juga berusaha keras menambah jual trofinya tahun ini.

Di sisi putri, Iga Swiatek juga akan menjadi favorit untuk mengulangi kesuksesannya meraih gelar juara tahun lalu. Pemain sensasional asal Polandia itu tak kehilangan satu set pun saat dia meraih gelar pada tahun 2020.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
100%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%