Bukan Djokovic, Rafael Nadal Nantikan Jumpa Federer di Prancis Terbuka

Minggu, 30 Mei 2021 14:34 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
© Clive Brunskill/Getty Images
Roger Federer (kiri) bersama Rafael Nadal di Wimbledon 2019. Copyright: © Clive Brunskill/Getty Images
Roger Federer (kiri) bersama Rafael Nadal di Wimbledon 2019.

INDOSPORT.COM – Juara bertahan, Rafael Nadal, paling menantikan perjumpaannya dengan Roger Federer ketimbang Novak Djokovic, saat tampil di lapangan tanah liat Prancis Terbuka.

Rafael Nadal berada di jalur neraka pada Prancis Terbuka kali ini. Sebagai unggulan, dia berada di paruh undian yang sama dengan Novak Djokovic dan Roger Federer dan berpotensi menciptakan beberapa pertandingan sengit sebelum final.

Nadal dan petenis no. 1 dunia Djokovic dipastikan tidak akan bertemu di final seperti tahun lalu ketika Nadal keluar sebagai pemenang dalam dua set langsung, karena pasangan ini berpotensi jumpa di semifinal.

Namun, Djokovic sendiri bakal menghadapi tantangan terberat dengan dia harus menghadapi jaura grand slam 20 kali Federer di perempat final.  Jika petenis Swiss ini mengalahkan Djokovic, maka dia yang akan bertemu Nadal.

Langkah Federer sendiri juga tak mudah jelang ke Prancis Terbuka. Dia kalah secara mengejutkan dari Pablo Andújar di Jenewa Terbuka pekan lalu, yang merupakan turnamen pertama Federer sejak ia kembali cedera pada Maret.

Di antara Djokovic dan Federer, Nadal ternyata lebih senang bisa menghadapi Roger Federer di lapangan tanah liat yang sudah dia menangkan selama 13 kali sepanjang kariernya itu.

Kenangan terbaik Nadal adalah ketika tampildi French Open 2019, di mana Nadal dan Federer mencetak duel paling sengit di semifinal Roland Garros.

Rafa meraih kemenangan ke-10 dalam 14 pertemuan mereka di ajang utama dengan tiga set 6-3, 6-4, 6-2 dalam dua jam 25 menit dan maju ke final untuk gelarnya yang ke-12.

“Sangat menyenangkan menghadapi Federer di Roland Garros (2019) setelah final 2011 itu, meskipun saya tidak pernah merasakan kewajiban untuk menang,” ujar Nadal dilansir dari ATP Tour.

“Sebelum pertemuan itu, saya yakin bahwa saya bermain bagus dan merasa siap untuk bentrokan, melangkah ke lapangan dengan percaya diri, yang selalu membantu,” lanjutnya.