Prancis Terbuka: Jelang Usia 40, Roger Federer Cetak Rekor Mencengangkan

Jumat, 4 Juni 2021 20:42 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Clive Brunskill/Getty Images for Laver Cup
Roger Federer cetak rekor mencengangkan saat berlaga di turnamen Grand Slam Prancis Terbuka 2021. Copyright: © Clive Brunskill/Getty Images for Laver Cup
Roger Federer cetak rekor mencengangkan saat berlaga di turnamen Grand Slam Prancis Terbuka 2021.

INDOSPORT.COM - Roger Federer mencetak rekor mencengangkan saat berpartisipasi di turnamen Grand Slam French Open alias Prancis Terbuka 2021.

Sampai tulisan ini dibuat, salah satu petenis pria papan atas dunia tersebut sudah melaju sampai putaran kedua. Ia mengandaskan dua lawannya yakni Denis Istomin (Uzbekistan) dan Marin Cilic (Kroasia).

Dengan hasil tersebut, Roger Federer berhak melaju ke putaran ketiga, di mana ia harus berhadapan dengan petenis Jerman, Dominik Koepfer.

Terlepas dari apa yang diraihnya sejauh ini di Prancis Terbuka 2021, Federer ternyata berhasil menciptakan rekor hebat di Roland Garros. Dilansir dari laman Tennis World, ia menyamai pencapaian legenda tenis Amerika Serikat, Jimmy Connors.

Keduanya mencatatkan rentang waktu terlama dari kemenangan pertama mereka di ajang Grand Slam, hingga yang terkini. Dengan catatan, rekor ini diraih pada era Open.

Jimmy Connors sendiri mengukir rekor ini sepanjang periode 1971 sampai dengan 1992, sebelum akhirnya ditumbangkan oleh Ivan Lendl di Australia Terbuka.

Sementara itu, Roger Federer sukses mengikuti jejak seniornya tersebut ketika pertama kali menginjakkan kaki di Prancis Terbuka 2021. Ya, tepatnya saat ia mengandaskan Denis Istomin di putaran pertama.

Sama seperti Connors, Federer mencatatkan rentang waktu 21 tahun dari kemenangan pertamanya di turnamen Grand Slam (periode 2000 sampai dengan 2021).

Rekor tersebut pun otomatis bertambah panjang mengingat ia juga berhasil mengalahkan lawannya di putaran kedua. Tentu, publik tidak akan lupa bahwa Federer saat ini sudah hampir menginjak usia 40 tahun.

Namun kenyataannya usia bukan jadi halangan bagi Federer untuk terus berprestasi di turnamen-turnamen besar. Apalagi, ia masih bersemangat untuk menambah gelar Grand Slam miliknya yang saat ini sudah menyentuh angka 20.