Pertama Kali Dalam Sejarah, Cicak Jadi Wasit di Final Tenis Wimbledon

Minggu, 11 Juli 2021 16:10 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Subhan Wirawan
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Untuk pertama kalinya dalam sejarah olahraga tenis internasional, ajang Wimbledon akan dipimpin oleh seorang wasit wanita. Wasit wanita ini bernama Marija Cicak.

Dilansir dari ESPN, final tunggal putra Wilmbledon akan dipimpin oleh seorang wasit kursi (umpire) wanita. Ini merupakan kali pertamanya dalam sejarah turnamen sejak dipertandingkan pada tahun 1877.

Pada hari Sabtu (10/07/21) kemarin, pihak Wimbledon mengumumkan telah menunjuk umpire wanita bernama Marija Cicak untuk memimpin jalannya final tunggal putra Wimbledon.

Adapun Cicak akan melaksanakan tugasnya ini saat memimpin duel perebutan gelar Grand Slam di Wimbledon antara petenis asal Serbia Novak Djokovic dengan pemain Italia, Matteo Berrettini.

Partai final Wimbledon antara Djokovic vs Berrettini ini akan berlangsung di All England Lawn Tennis and Court pada Minggu (11/07/21) malam WIB.

Marija Cicak merupakan wasit asal Kroasia berusia 43 tahun ini merupakan wasit kursi dengan lencana emas dan anggota Tim Elite WTA sejak 2012.

Selain itu, Cicak dikenal sebagai wasit kursi untuk final Wimbledon putri pada tahun 2014 dan juga final ganda putri tiga tahun kemudian.

Cicak juga pernah memimpin pertandingan perebutan medali emas tunggal putri cabang olahraga tenis di Olimpiade Rio de Janeiro 2016.

Tanpa mengesampingkan kehadiran Cicak di Wimbledon, partai final antara Djokovic vs Berrettini ini akan menjadi sebuah duel menarik yang layak dinantikan para pecinta tenis.