40 Tahun Roger Federer, Intip 5 Rekor Hebatnya Sepanjang Sejarah

Senin, 9 Agustus 2021 18:11 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Clive Brunskill/Getty Images
Roger Federer baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-40. Copyright: © Clive Brunskill/Getty Images
Roger Federer baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-40.

INDOSPORT.COM - Roger Federer baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-40 pada tanggal 8 Agustus kemarin.

Usia kepala 4 mungkin tergolong ‘senja’ bagi sebagian atlet. Tidak dapat dipungkiri, mau punya wajah awet muda sekali pun, yang namanya kondisi fisik pasti akan terus menurun seiring berjalannya waktu.

Hanya saja, yang patut diapresiasi dari para atlet yang berusaha tetap bugar meski usia bertambah adalah semangat mereka untuk terus berkarier dan mengukir prestasi. Begitu pula dengan Roger Federer.

Nama Roger Federer pun sudah tidak asing di telinga pada penikmat olahraga tenis. Selain itu, ia juga cukup populer di kalangan masyarakat awam.

Pemain yang satu ini sudah bermain tenis sejak dirinya masih anak-anak dan bahkan menjadi juara di level junior ketika beranjak remaja.

Sampai menginjak usia 40 tahun, Federer sudah mengantongi 20 gelar Grand Slam, jumlah yang sama dengan dua pesaing terberatnya di tenis putra, Rafael Nadal dan Novak Djokovic.

Jumlah tersebut pun masih bisa bertambah seiring kariernya yang sampai detik ini belum berakhir. Kesempatan terdekatnya adalah gelaran AS Terbuka yang dijadwalkan bergulir mulai akhir Agustus 2021.

Akan tetapi, apakah Federer akan berpartisipasi? Apalagi, mengingat kondisi fisiknya yang kurang bersahabat selama beberapa waktu terakhir.

Perjuangan Federer untuk beranjak dari Grand Slam ke-20 sempat terhenti karena cedera. Ia belum mampu meraih hasil signifikan usai juara Australia Terbuka tiga tahun lalu.

Cedera memang sempat membekap Federer selama 15 bulan sebelum comeback pertamanya pada Maret 2021. Tercatat selama periode yang tidak sebentar tersebut, ia telah menjalani dua kali operasi lutut kanan.

Masalah lutut ini pula yang menghambat lajunya di turnamen-turnamen besar tahun ini. Terakhir, ia memutuskan mundur dari Olimpiade Tokyo 2020 setelah tersisih di Wimbledon.

Situasi sepertinya makin kurang bersahabat setelah petenis asal Swiss ini mundur dari turnamen Toronto dan Cincinnati. Tak ayal, pertanyaan seputar keterlibatannya di AS Terbuka 2021 pun menjadi tanda tanya besar.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
100%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%