Cheng Su Hui & Cheng Su Yin, Si Kembar Malaysia yang Siap Jadi Bintang Baru Ganda Putri BWF

Kamis, 4 November 2021 20:05 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
© @BA_Malaysia
Cheng Su Hui dan Cheng Su Yin pebulutangkis Kembar asal Malaysia Copyright: © @BA_Malaysia
Cheng Su Hui dan Cheng Su Yin pebulutangkis Kembar asal Malaysia

INDOSPORT.COM – Sepasang pebulutangkis kembar asal Malaysia, Cheng Si Hiu dan Cheng Su Yin, digadang-gadang bakal menjadi bintang baru di sektor ganda putri.

Cheng Su Hui dan Cheng Su Yin yang kini berusia 18 tahun tengah mengejar mimpi mereka untuk menjadi pemain hebat. Mereka kini berada di peringkat ke-15 di BWF World Junior Ranking untuk ganda putri.

Peringkatnya melesat tajam setelah duo Cheng ini berhasil mencapai babak final German Ruhr U-19 International 2021 dalam dua kategori, ganda putri dan ganda campuran, pada bulan lalu.

Sebagai pasangan ganda putri, mereka meraih emas setelah mengalahkan Clemence Gaudreau/Elsa Jacob dari Prancis hanya dalam waktu 34 menit.

Menariknya, si kembar harus saling berhadapan di babak final kategori ganda campuran. Cheng Su Yin/Goh Boon Zhe, mengalahkan Cheng Su Hui/Beh Chun Meng dalam dua set langsung 21-15, 21-16.

Melansir dari laman resmi Badminton Asia, Su Yin dan Su Hui lahir hanya dengan selisih lima menit. Ibu mereka, Tan Saik Khim, merupakan mantan pebulutangkis nasional yang pernah berlaga di final Piala Uber 1980-an.

Terinspirasi dari ibu mereka, Su Yin dan Su Hui ingin menjadi pebulutangkis besar tak peduli sebera sulit perjalanan mereka untuk mencapai impian tersebut.

Awalnya, Su Yin dan Su Hui tidak bermain sebagai pemain ganda. Su Hui mulai berkompetisi di turnamen pada tahun 2016 sebagai tunggal putri dan ganda putri di Singapore Youth International Series 2016.

Sedangkan Su Yin, justru baru memulai turnamen pada tahun 2018 dan akhirnya dia berpasangan dengan Su Hui di Badminton Asia Junior U17 & U15 Championships 2018. Saat itu, pasangan kembar itu hanya bisa lolos ke babak 16 besar.

Ketekunan mereka pun membuahkan hasil. Pada tahun 2019, Cheng Su Hui/Cheng Su Yin berhasil mencapai babak perempat final Junior International Challenge, Jakarta Junior International Series, dan Malaysia Junior International Challenge.