Drawing BATC 2022: Indonesia Satu Grup dengan Hong Kong dan Korea

Selasa, 8 Februari 2022 15:46 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Isman Fadil
© Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT.com
Tim Indonesia putra maupun putri, tergabung dengan Korea Selatan dan Hong Kong berdasarkan drawing untuk Badminton Asia Team Championship (BATC) 2022. Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT.com
Tim Indonesia putra maupun putri, tergabung dengan Korea Selatan dan Hong Kong berdasarkan drawing untuk Badminton Asia Team Championship (BATC) 2022.

INDOSPORT.COM – Tim Indonesia putra maupun putri, tergabung dengan Korea Selatan dan Hong Kong berdasarkan drawing untuk Badminton Asia Team Championship (BATC) 2022.

Menurut drawing yang dilakukan oleh Asoasiasi Bulu Tangkis Asia pada Selasa (08/02/22) secara virtual, ada delapan tim yang dibagi menjadi 2 grup pada sektor beregu putra dan putri BATC 2022.

Sebagai juara bertahan sekaligus unggulan pertama, tim beregu putra Indonesia menempati Grup A.  Tim beregu putra Indonesia akan menantang Korea Selatan, India, dan Hong Kong.

Pada system penyisihan grup, hanya ada dua negara dengan peringkat terbaik yang melaju ke semifinal. Sedangkan tim beregu putri Indonesia berada di Grup Z dan bergabung dengan Korea Selatan, Hong Kong, dan Kazakhstan.

Mencapai minimal babak semifinal BATC 2022, menjadi pilihan wajib bagi Gregoria Mariska dkk untuk bisa tampil di Piala Uber 2022.

Hal itu berbeda dengan tim beregu putra Indonesia otomatis lolos kualifikasi Piala Thomas 2022 karena tampil sebagai juara bertahan Piala Thomas 2020.

Karena diketahui, BATC akan bergulir pada 15-20 Februari 2022 di Setia City Convention Centre, Selangor, Malaysia. BATC jadi salah satu jalur  bagi negara kawasan Asia untuk meraih jatah tampil di putaran final Piala Thomas-Uber 2022.

Karena hanya empat negara dengan peringkat tertinggi dari Kejuaraan Beregu Asia 2022 atau BATC 2022 yang berhak lolos ke Piala Thomas- Uber 2022.

Dalam partisipasinya, Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) memilih memarkirkan para pemain senior dan memberi kesempatan kepada pemain muda untuk unjuk gigi di BATC 2022.

Para pemain putra akan dinahkodai oleh Chico Aura Dwi Wardoyo, Ikhsan Leonardo, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, Yeremia Rambitan/Pramudya Kusumawardana, dll.

Sedangkan para pebulutangkis putri Indonesia akan dinahkodai oleh pebulutangkis muda seperti Febriana Dwipuji Kusuma, Nita Violina Marwah, Gregoria Mariska, Putri Kusuma Wardani, dll.

Dengan drawing yang ada,meski satu grup dengan Korea Selatan dan Hong Kong, para pebulutangkis muda Indonesia diyakini bisa mendapatkan hasil maksimal di ajang BATC 2022.