Merana di ATP Dubai, Novak Djokovic Akhirnya Terdepak dari Peringkat 1 Dunia

Jumat, 25 Februari 2022 13:09 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Isman Fadil
© REUTERS/Mike Segar
Usai kalah di perempat final ATP Dubai 2022, petenis Serbia, Novak Djokovic, tergusur dari ranking 1 dunia, dan terkudeta oleh rival beratnya, Daniil Medevedev. Copyright: © REUTERS/Mike Segar
Usai kalah di perempat final ATP Dubai 2022, petenis Serbia, Novak Djokovic, tergusur dari ranking 1 dunia, dan terkudeta oleh rival beratnya, Daniil Medevedev.

INDOSPORT.COM – Usai kalah di perempat final ATP Dubai 2022, petenis Serbia, Novak Djokovic, tergusur dari ranking 1 dunia, dan terkudeta oleh rival beratnya, Daniil Medevedev.

ATP Dubai 2022 merupakan rangkaian seri ATP Tour 500 yang berlangsung pada 14-26 Februari 2022 di Dubai Tennis Stadium, Dubai, Uni Emirat Arab.

Sejumlah petenis terbaik berpartisipasi dalam Kejuaraan Tenis Dubai tersebut. Seperti Denis Shapovalov, Andrey Rublev, Hubert Hurkacz, Jannic Sinner, hingga Novak Djokovic.

Dari rangkaian unggulan yang ada, kejutan terjadi. Unggulan pertama sekaligus petenis ranking 1 dunia, Novak Djokovic harus tumbang di perempat final pada Kamis (24/02/22).

Mengejutkan lagi, usai menjalani debutnya paska dideportasi dari Australia, Novak Djokovic justru tumbang dari petenis kualifikasi asal Republik Ceko, Jiri Vesely, dengan skor 4-6, 6-7.

Pada babak semifinal ATP Dubai 2022, Jiri Vesely akan menghadapi petenis Kanada unggulan keenam, Denis Shapovalov .

Sebaliknya, kekalahan di perempat final ATP Dubai 2022, membuat Novak Djokovic harus menunda misi untuk menyabet gelar perdana pada 2022.

Parahnya, Novak Djokovic harus merelakan tergusur dari peringkat satu dunia. Dia terkudeta oleh musuh bebuyutannya, Daniil Medvedev.

Juara US Open 2021 itu naik satu tangga ke puncak ranking ATP usai memastikan diri menembus semifinal Mexico Open 2022 yang berlangsung pada 19-26 Februari.

Bertanding di Princess Mundo Imperial Puerto Maques pada Kamis (24/02/22), Daniil Medvedev berhasil menang atas petenis Jepang, Yoshihito Nishioka, dengan skor 6-2, 6-3.

Menanggapi status barunya sebagai petenis ranking 1 dunia ATP, Daniil Medvedev merasa tidak menyangka. Baginya dia hanya berusaha untuk memenangkan pertandingan yang ada.

“Sejujurnya, saya melihat dia (Novak Djokovic) kalah (di ATP Dubai 2022). Tetapi saya tidak tahu jika dia kalah, saya akan menghuni ranking satu,” kata Daniil Medvedev melansir France 24.

“Tujuan utama bagi saya adalah untuk tetap menang hari ini (di Mexico Open 2022), karena saya di sini untuk memenangkan pertandingan. Tapi (jadi ranking 1 dunia) itu pasti berita bagus,” sambungnya.