In-depth

‘Titisan’ Rafael Nadal Makin Terbang Jauh, Lagi-Lagi Catatkan Sejarah Mencengangkan

Jumat, 29 Juli 2022 17:07 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Geoff Burke-USA TODAY Sports via REUTERS
Carlos Alcaraz Garfia, juara Miami Open penerus Rafael Nadal. Foto: Geoff Burke-USA TODAY Sports via REUTERS. Copyright: © Geoff Burke-USA TODAY Sports via REUTERS
Carlos Alcaraz Garfia, juara Miami Open penerus Rafael Nadal. Foto: Geoff Burke-USA TODAY Sports via REUTERS.

INDOSPORT.COM - Eksistensi petenis Spanyol sekaligus junior Rafael Nadal, Luis Alcaraz Garfia, makin nyata saja.

Sempat mencuri perhatian publik sejak Miami Open 2022 lalu, pemuda yang satu ini terlihat cukup aktif berpartisipasi di banyak turnamen sepanjang tahun ini.

Setelah menang di Miami Open, ia kembali meraih gelar juara saat berpartisipasi di Madrid Open, mencapai perempat final French Open, dan 16 besar Wimbledon.

Belum lama ini, ia bahkan mengukir catatan impresif atas namanya sendiri dan mengangkangi sang senior, Roger Federer dan Novak Djokovic.

Seperti diwartakan laman Tennis World USA, ia menjadi pemain termuda kedelapan yang mencapai 5 besar peringkat dunia.

Di atasnya, terdapat sejumlah mantan pemain nomor satu dunia, yakni Andre Agassi, Boris Becker, Bjorn Borg, Rafael Nadal, dan yang lainnya.

Namun satu hal yang cukup mengejutkan dari rekor tersebut adalah, keberhasilan Luis Alcaraz Garfia mengangkangi dua seinornya, Roger Federer, dan Novak Djokovic.

Nama yang pertama, menasbihkan namanya di 5 besar peringkat dunia saat berusia 21 tahun 5 bulan, sedangkan Novak Djokovic 19 tahun 11 bulan.

Berdasarkan informasi dari laman resmi ATP, Carlos Alcaraz Garfia saat ini berada di peringkat 5 dunia dengan 4895 poin.

Di peringkat 4 ada Stefanos Tsitsipas (5045); peringkat 3 Rafael Nadal (6165); peringkat 2 Alexander Zverev (6850); dan peringkat 1 Daniil Medvedev (7775).