In-depth

3 Fakta di Balik Kekalahan Rafael Nadal dari Taylor Fritz di ATP Finals 2022

Senin, 14 November 2022 21:59 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Julian Finney/Getty Images
Rafael Nadal kalah di pertandingan pertama ATP Finals 2022. Foto: Julian Finney/Getty Images. Copyright: © Julian Finney/Getty Images
Rafael Nadal kalah di pertandingan pertama ATP Finals 2022. Foto: Julian Finney/Getty Images.

INDOSPORT.COM - Rafael Nadal secara mengejutkan kandas di partai pertama Nitto ATP Finals 2022 dari sang junior, Taylor Fritz.

Di pertandingan yang baru selesai digelar hari ini, Senin (14/11/22) waktu Indonesia, petenis kawak asal Spanyol tersebut takluk dengan skor 7(7()-6(3) dan 6-1.

Meski begitu, kekalahan ini diterimanya dengan legawa dan penuh keikhlasan, toh ia masih memiliki kesempatan lagi di partai kedua pada 15 November besok.

Pada hari tersebut, Rafael Nadal akan menghadapi Felix Auger Aliassime. Green Group, tempat tiga petenis tersebut bernaung, juga beranggotakan wakil Norwegia, Casper Ruud.

Sementara itu, Red Group berisikan Stefanos Tsitsipas, Novak Djokovic, Andrey Rublev, dan Daniil Medvedev.

Lalu Alexander Zverev yang berstatus juara edisi lalu (2021) tidak bermain karena mengalami cedera. Dengan demikian, ATP Finals 2022 dipastikan akan mendapat juara baru.

Di sisi lain, Carlos Alcaraz, pemuda Spanyol yang tampil fenomenal dengan meraih ranking satu dunia, mengundurkan diri karena mengalami robekan otot oblik internal di dinding perut kirinya.

Rafael Nadal sendiri menjadi kandidat favorit juara di ATP Finals edisi kali ini. Namun perjuangannya di Turin sudah mendapat hantaman besar pada hari pertama.

Untung saja, petenis yang baru saja menjadi ayah ini tidak terlalu ngoyo menghadapi kekalahannya dari Taylor Fritz.

Ia sadar betul bahwa langsung bermain melawan pemain top pada hari pertama turnamen, dengan kondisi baru pulih dari cedera, bukan perkara mudah.