In-depth

Bongkar Penyebab Ranking Kevin/Marcus dan Pramudya/Yeremia Terjun Bebas di Luar 20 Besar

Rabu, 28 Desember 2022 15:54 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© PBSI
Ranking dunia dua ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon dan Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan terjun bebas di luar 20 besar.(Foto: PBSI) Copyright: © PBSI
Ranking dunia dua ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon dan Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan terjun bebas di luar 20 besar.(Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM – Ranking dunia dua ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon dan Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan terjun bebas di luar 20 besar. Apa yang menyebabkan ini terjadi?

Per Selasa (27/12/22), Federasi Bulutangksi Dunia (BWF) merilis update ranking para pebulutangkis dunia. Dalam update kali ini, dua ganda putra Indonesia harus menelan nasib apes.

Mantan pasangan nomor 1 dunia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon yang sebelumnya masih bertahan di 10 besar harus terlempar ke peringkat 23 dunia.

Turun 15 posisi dari peringkat sebelunya, The Minions – julukan Kevin/Marcus saat ini hanya mengoleksi 41.150 poin dari hanya delapan turnamen yang sudah mereka ikuti.

Kevin/Marcus pun kini kalah jauh dari dua juniornya, Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana yang berada di peringkat ke-12 dunia dan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin di peringkat 15 dunia.

Sementara itu, rekan seperjuangan mereka Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto berhasil menduduki peringkat 1 dunia, untuk pertama kalinya di sepanjang karier mereka (sejak dipasangkan pada 2014).

Ada pun senior mereka, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan yang sempat terlemar dari lima besar kembali menduduki peringkat 3 dunia, di belakang Takuro Hoki/Yugo Kobayashi (Jepang).

Nasib apes yang dialami Kevin/Marcus juga dialami juniornya, Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan yang turun 11 anak tangga dan kini menduduki peringkat ke-25.

Pramudya/Yeremia yang tahun ini meraih gelar Badminton Asia Championships hanya mengoleksi 40.397 poin dari delapan turnamen yang dijalani.

Turunnya peringkat Kevin/Marcus dan Pramudya/Yeremia secara drastis ini tak lepas dari lima penyebab yang akan dijelaskan INDOSPORT berikut ini: