Juara Australian Open 2023, Novak Djokovic Makin Jadi ‘Alien’ dalam Sejarah Tenis

Senin, 30 Januari 2023 13:50 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© REUTERS/Carl Recine
Novak Djokovic juara Australian Open 2023 untuk kesepuluh kalinya. Foto: REUTERS/Carl Recine. Copyright: © REUTERS/Carl Recine
Novak Djokovic juara Australian Open 2023 untuk kesepuluh kalinya. Foto: REUTERS/Carl Recine.

INDOSPORT.COM – Petenis asal Serbia, Novak Djokovic, mencatat rekor di luar nalar setelah memastikan keluar sebagai pemenang turnamen Grand Slam, Australian Open 2023.

Novak Djokovic memastikan gelar juara Australian Open 2023 usai menundukkan petenis asal Yunani, Stefanos Tsitsipas, di laga final yang berlangsung Minggu (29/01/23).

Bertanding di Rod Laver Arena, Melbourne Park, The Joker – julukan Djokovic, mampu menumbangkan Tsitsipas dalam tiga set dengan skor akhir 6-3, 7-6(4), 7-6(5).

Bertanding selama 2 jam 56 menit, Djokovic mampu menunjukkan ketangguhannya melawan Tsitsipas yang bermain agresif sejak set pertama.

Pukulan-pukula forehand kencang, dominasi servis hingga return servis yang tajam jadi resep Djokovic dalam meredam serangan Tsitsipas.

Ini menjadi kemenangan dramatis bagi Djokovic setelah tahun lalu tidak bisa mengikuti turnamen Grand Slam ini karena dideportasi karena status vaksinasi COVID-19 miliknya.

Bukan hanya itu, Djokovic memenangkan gelar ke-10 Australian Open untuk mengukuhkan dirinya sendiri sebagai petenis tunggal putra tersukses di Negeri Kanguru tersebut.

Tak hanya itu, Australian Open 2023 juga menjadi gelar Grand Slam ke-22 petenis kelahiran Belgrade tersebut, menyamai menyamai rekor rivalnya, Rafael Nadal.

Selain dua rekor tersebut, Djokovic ternyata masih mengukir catatan impresif lainnya berkat kemenangannya di Australian Open 2023.

Melansir dari laman resmi ATP, Djokovic semakin terdepan dalam persaingan merebut trofi-trofi ‘Big Titles’ dari Rafael Nadal dan Roger Federer yang tahun lalu memutuskan pensiun.