In-depth

3 Fakta Fantastis Novak Djokovic Capai 23 Grand Slam, Sah Jadi yang Terbaik?

Selasa, 13 Juni 2023 10:43 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© REUTERS/Clodagh Kilcoyne
Novak Djokovic juara French Open 2023. Foto: REUTERS/Clodagh Kilcoyne. Copyright: © REUTERS/Clodagh Kilcoyne
Novak Djokovic juara French Open 2023. Foto: REUTERS/Clodagh Kilcoyne.

INDOSPORT.COM - Novak Djokovic berhasil mencatatkan Grand Slam ke-23 sepanjang kariernya usai memenangkan French Open 2023, Minggu (11/06/23).

Petenis asal Serbia tersebut menumbangkan Casper Ruud di partai final yang digelar di Stade Roland-Garros, 7(7)-6(1), 6-3,7-5.

Dengan demikian, ia pun meraih gelar ketiganya di French Open setelah edisi 2016 dan 2021. Jumlah ini, tentu saja, masih jauh dari Rafael Nadal yang sudah juara 14 kali.

Meski begitu, Novak Djokovic patut berbangga karena saat ini telah menggondol 23 Grand Slam, yang membuatnya makin berjaya di sektor tenis putra men’s singles.

Lantas, fakta-fakta menarik apa yang berhasil ditorehkan petenis fenomenal yang satu ini usai meraih 23 Grand Slam kemarin?

Terbaik dari Big 3

Sudah bukan rahasia lagi, bahwa eksistensi Big 3 tunggal putra tenis ATP saat ini sudah ‘goyang’ alias dipertanyakan.

Faktor utamanya, dua di antara tiga anggota mereka: Rafael Nadal dan Roger Federer, telah menjauh dari turnamen kompetitif.

Rafael Nadal yang tidak bugar dan Roger Federer yang pensiun, tidak ayal menjadikan Novak Djokovic satu-satunya anggota trio ini yang masih aktif bermain.

Sejauh ini, ia adalah pesaing ketat Rafael Nadal untuk jumlah raihan Grand Slam, yang mana keduanya sama-sama meraih 22 gelar.

Akan tetapi, berkat kemenangan di French Open 2023, Novak Djokovic pun berhasil menyalip rival beratnya tersebut, kini dengan 23 Grand Slam.