In-depth

Deretan Rekor yang Tercipta Usai US Open 2023, Punya Djokovic Panjang kayak Kereta

Selasa, 12 September 2023 10:32 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© REUTERS/Mike Segar
Novak Djokovic saat juara US Open 2023. Foto: REUTERS/Mike Segar. Copyright: © REUTERS/Mike Segar
Novak Djokovic saat juara US Open 2023. Foto: REUTERS/Mike Segar.

INDOSPORT.COM - Gelaran US Open 2023 baru saja berakhir dan menelurkan Novak Djokovic sebagai salah satu juaranya.

Turnamen US Open resmi rampung pada hari Minggu pekan lalu waktu setempat, sekaligus menutup rangkaian turnamen Grand Slam tahun ini.

Tidak hanya Novak Djokovic, US Open 2023 juga memiliki Coco Gauff, Rajeev Ram/Joe Salisbury, Erin Routfille/Gabriela, dan Harri Heliovaara/Anna Danilina di daftar juara.

Selain itu, seperti dilansir Mirror, sejumlah fakta menarik pun turut tercipta, termasuk milik Novak Djokovic yang panjangnya seperti rangkaian kereta api. Apa saja?

Novak Djokovic

Petenis asal Serbia ini mencatatkan final kesepuluhnya sepanjang sejarah US Open dan meraih gelar keempatnya, setelah juara tiga kali pada 2011, 2015, dan 2018.

Sepuluh final yang berhasil dicapainya pun menjadi yang tertinggi di antara pemain men’s singles lainnya di US Open.

Di edisi 2023 ini, ia juga mencetak sejarah sebagai pemain tertua yang memenangkan gelar men’s singles sepanjang Open Era berlangsung.

Pemain kelahiran Belgrade, Serbia, 22 Mei 1987 ini berusia 36 tahun saat juara di US Open 2023 hari Minggu kemarin.

Dengan kemenangan ini pula, Novak Djokovic berhasil menasbihkan diri sebagai peraih Grand Slam tersukses dari sektor men’s singles di Open Era.

Sejauh ini, ia telah menggondol 24 gelar Grand Slam dan melampaui rival sengitnya yakni Rafael Nadal - yang langkahnya terhenti di angka 22.

Sampai di situ saja? Tentu saja tidak. Novak Djokovic masih mencatatkan sejumlah rekor lagi di edisi US Open kali ini.

Kemenangan di US Open 2023 juga menjadikannya pemain ketiga di Open Era yang berhasil juara di tiga turnamen Grand Slam dalam setahun (+ Australian Open dan French Open).

Novak Djokovic juga memperpanjang rekornya sebagai pemain dengan durasi bermain terpanjang di event Grand Slam 2023, yakni 77 jam 4 menit!

Kini di usianya yang telah berusia 36 tahun, nampaknya belum ada tanda-tanda dari Novak Djokovic untuk pensiun.

Ia pun menjadi satu-satunya anggota Big 3 tunggal pria tenis yang masih aktif bermain hingga detik ini. Roger Federer sudah pensiun, sedangkan Rafael Nadal hiatus.

Berkat gelar juara US Open 2023, Novak Djokovic saat ini menduduki puncak klasemen ranking ATP dengan 11.795 poin per 11 September.

Menyusul di bawahnya, ada Carlos Alcaraz yang gugur di semifinal US Open 2023. Petenis berjuluk Baby Nadal tersebut mengantongi 8.535 poin.

Sementara itu, finalis US Open 2023 lainnya, Daniil Medvedev, harus puas bertengger di peringkat tiga ranking ATP dengan 7.280 poin.