Komunitas

Mana Lebih Menarik, Sepakbola Nasional atau Internasional?

Minggu, 29 Maret 2015 17:49 WIB
Penulis: Yohanes Ishak | Editor: Charles Emanuel Dominggus
 Copyright:

Tinggal beberapa bulan lagi, kompetisi di Eropa akan segera berakhir. Sementara di Indonesia, kompetisi kasta tertinggi, Indonesia Super League (ISL) baru akan digelar pada 4 April mendatang. Pertanyaan besar pun muncul: apakah animo masyarakat Indonesia akan sebesar klub-klub elit Eropa?

Indonesia memiliki banyak kumpulan komunitas sepakbola yang merupakan pendukung dari  sejumlah klub kenamaan Eropa seperti FCBFI (FC Bayern Fan Indonesia)  yang mengaku sebagai fans Bayern Muenchen, IndoBarca (fans Barcelona), Milanisti Indonesia (fans AC Milan), dan masih banyak lagi.

Ketika dihubungi INDOSPORT beberapa di antara mereka mengaku tidak terlalu tertarik mengikuti perkembangan sepakbola nasional karena berbagai permasalahan yang tak kunjung selesai. Namun ada juga yang mengaku lebih menyukai sepakbola nasional meski menggabungkan diri dalam salah satu komunitas sepakbola mancanegara.

INDOSPORT coba menyajikan  rangkuman pendapat dari berbagai komunitas pendukung klub Eropa mengenai sepakbola di tanah air.

1