Analisis Strategi Formasi Timnas Indonesia ala Alfred Riedl

Kamis, 1 September 2016 14:56 WIB
Editor: Tengku Sufiyanto
 Copyright:

Federasi Sepakbola Tanah Air, Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) telah resmi menunjuk Alfred Riedl sebagai pelatih kepala Tim Nasional (Timnas) Indonesia untuk Piala AFF 2016, di Myanmar dan Filipina, November mendatang.

Riedl sendiri sudah melakukan langkah awal membentuk komposisi Timnas sebelum terjun di turnamen empat tahunan paling bergengsi daratan Asia Tenggara tersebut. Pelatih asal Austria itu telah memanggil 47 pemain guna mengikuti seleksi Timnas dengan menggunakan format dua gelombang.


Suasana seleksi Timnas Indonesia pada awal Agustus lalu.

Setelah melakukan seleksi, Riedl sudah memutuskan memanggil 22 pemain guna masuk ke dalam Skuat Merah Putih. Akan tetapi, 22 pemain tersebut bukan keputusan final sebagai penggawa Timnas di Piala AFF 2016. Seluruh pemain itu hanya akan digunakan untuk menghadapi timnas Malaysia, dalam laga uji coba di Stadion Manahan, Solo, 6 September mendatang.

22 pemain tersebut adalah Kurnia Meiga Hermansyah (Arema Cronus), Andritany Ardhiyasa (Persija jakarta), Dian Agus Prasetyo (Pusamania Borneo FC), Benny Wahyudi (Arema Cronus), Indra Kahfi Ardhiyasa (Bhayangkara Surabaya United), Hansamu Yama Pranata (Barito Putera), Dedi Gusmawan (Zeyar Shwe Myay yang kini hijrah ke Mitra Kukar), Rodolof Yanto Basna (Persib Bandung), Fachrudin Wahyudi Aryanto (Sriwijaya FC), Abdul Rachman (Persiba Balikapapan), Muhammad Abduh Lestaluhu (PS TNI), Andik Vermansah (Selangor FA Malaysia), Evan Dimas Darmono (Bhayangkara Surabaya United), Ichsan Kurniawan (Sriwjaya FC), Bayu Pradana Andriatmo (Mitra Kukar), Adam Alis Setyano (Barito Putera), Septian David Maulana (Mitra Kukar), Irsyad Maulana (Semen Padang) , Zulham Malik Zamrun (Persib Bandung), Boaz Solossa (Persipura Jayapura), Lerby Eliandry Pong Babu (Pusamania Borneo FC), dan Irfan Haarys Bachdim (Consadole Sapporo).

Terlepas dari pro dan kontra, para pecinta sepakbola nasional tentu sudah menerka 11 pemain Timnas yang bakal diturunkan Riedl untuk melawan Malaysia.

Begitupun INDOSPORT, yang sudah menganalisa bagaimana taktik dan formasi yang bakal diterapkan Riedl di Timnas, berdasarkan dari komposisi 22 pemain tersebut. Berikut analisanya:

787