Peristiwa Masa Lampau

Final Piala AFF 2002: Garuda Tumbang di Senayan

Selasa, 13 Desember 2016 16:01 WIB
Editor: Dery Adhitya Putra
© INTERNET
Thailand kembali menjadi juara Piala AFF setelah mengalahkan Tim Nasional Indonesia melalui adu penalti. Copyright: © INTERNET
Thailand kembali menjadi juara Piala AFF setelah mengalahkan Tim Nasional Indonesia melalui adu penalti.

Untuk kedua kalinya secara beruntun dalam dua gelaran terakhir, Tim Nasional Indonesia kembali berhadapan dengan Thailand pada babak final Piala AFF. Sama-sama lolos ke fase knock out dengan status runner up grup, Indonesia dan Thailand sukses menumbangkan Malaysia serta Vietnam untuk mengamankan tempat di babak final.

Menjadi tim tersubur di kompetisi dengan torehan 20 gol dari lima laga, anak-anak asuh Ivan Kolev membawa harapan jutaan masyarakat Indonesia yang ingin melihat tim pujaan mereka membalas kekalahan memalukan di babak final dua tahun lalu. 

Ketajaman duet Bambang Pamungkas, kala itu masih berusia 22 tahun, dan Gendut Doni di lini depan, diharapkan mampu menghadirkan mimpi buruk bagi barisan pertahanan Thailand.

Dukungan puluhan ribu suporter di Stadion Utama Gelora Bung Karno menjadi salah satu senjata Timnas Indonesia, yang benar-benar tidak diunggulkan dan diprediksi akan kembali tunduk dari The War Elephant. Status sebagai tuan rumah dinilai beberapa pihak akan mampu menjadi amunisi tambahan bagi Bambang Pamungkas dkk.

Seperti apa perjuangan para penggawa Tim Nasional Indonesia pada babak final Piala AFF 2002? Berikut ulasan pertandingan tersebut dari tim INDOSPORT:

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%