Vieira: Arsenal yang Sekarang Lebih Baik daripada Generasi Saya

Selasa, 29 Agustus 2017 09:15 WIB
Editor: Yohanes Ishak
© Getty Images
Para pemain Arsenal tertunduk lesu saat dikalahkan oleh Liverpool. Copyright: © Getty Images
Para pemain Arsenal tertunduk lesu saat dikalahkan oleh Liverpool.

Beberapa hari ini, Arsenal sedang mendapat sorotan tajam karena mereka belum lama dilibas oleh Liverpool dengan skor telak 0-4 pada akhir pekan kemarin, dalam lanjutan Liga Primer Inggris 2017/18 pekan ketiga.

Meski demikian, legenda mereka, Patrick Vieira justru memiliki pandangan yang berbeda. Dengan tegas ia mengatakan jika Arsenal yang sekarang lebih baik daripada Arsenal yang dulu pernah ia bela.

Padahal, saat masih membela The Gunners, Vieira dan rekan setimnya kala itu dapat menyumbangkan tiga gelar Liga Primer Inggris dan Piala FA.

Sementara hingga saat ini sejak musim 2003/04 lalu, tim London Merah sama sekali belum pernah merasakan gelar juara Liga Primer Inggris.

© Tim Clayton/Corbis via Getty Images
Pelatih New York City FC, Patrick Vieira. Copyright: Tim Clayton/Corbis via Getty ImagesPatrick Vieira, salah satu legenda Arsenal.

Meski demikian, pria asal Prancis tersebut tetap memuji gaya permainan dari Mesut Ozil dan kawan-kawan setiap kali bertanding.

“Saya bukan satu-satuya yang mengatakan, “generasi kami lebih bagus daripada generasi yang sekarang.” Pastinya tidak adil jika membandingkan dua generasi ini, karena kami berada pada masa-masa yang berbeda,” tandas Vieira yang juga pernah perkuat Juventus dan Inter Milan tersebut kepada DailyMail.

© INDOSPORT
Arsenal saat sedang latihan bersama pelatihnya, Arsene Wenger. Copyright: INDOSPORTArsenal saat sedang latihan bersama pelatihnya, Arsene Wenger.

“Ya, tim di generasi kami lebih bagus dari segi fisik. Tetapi generasi yang sekarang, mereka lebih bisa memainkan sepakbola yang lebih baik, tidak perlu diragukan itu,” tambahnya.

Patrick Vieira pernah perkuat Arsenal dari tahun 1996 hingga 2005 lalu. Selama membela tim asal London Utara, ia turut berperan dalam menyumbangkan masing-masing 3 gelar Liga Primer Inggris (1997/98, 2001/02, 2003/04), Piala FA (1997/98, 2001/02, 2004/05), dan Community Shield (1998, 1999, 2002).

Saat ini, Vieira tengah menjadi pelatih di klub asal Amerika Serikat (AS) yang bermain di Major League Soccer (MLS), New York City FC. Sebelumnya, ia juga pernah menjadi asisten pelatih di Manchester City dari tahun 2013 hingga 2015.