Bola Internasional

8 Pesepakbola Hebat Modern yang Nomor Punggungnya Pantas Dipensiunkan

Minggu, 28 Januari 2018 12:29 WIB
Editor: Isman Fadil
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Nomor punggung pemain merupakan suatu identitas dalam balutan jersey kebangaan klub sepakbola. Terkadang juga ada beberapa pemain yang sangat lekat dan menjadi identik dengan suatu nomor punggung tertentu yang akan terus ia pakai sepanjang kariernya sebagai pesepakbola.

Banyak klub ataupun suatu negara yang mengistirahatkan nomor punggung sang pemain. Alasan  pun beragam, dari mulai kematian sang pemain, pensiunnya sang legenda klub tersebut, hingga karena tak ada yang menggunakannya lagi sehingga dipensiunkan.

Contoh paling populer mungkin nomor 10 milik Diego Maradona. Klub Napoli mengistirahatkan nomor punggung ini sebagai kenangan akan jasa besar sang pemilik Gol Tangan Tuhan ini.

Selain Maradona, legenda-legenda sepakbola lain yang nomor punggungya dipensiunkan adalah Raul Gonzales (Schalke), Roberto Baggio (Brescia), Ferenc Puskas (Budapest Honved), Paolo Maldini (AC Milan), dan Johan Cruyff (Ajax Amsterdam).

© Internet
Legenda Argentina dan Napoli, Diego Maradona. Copyright: InternetLegenda Argentina dan Napoli, Diego Maradona.

Namun di era modern ini, ada beberapa nomor punggung jersey pemain yang pantas diistirahatkan karena memiliki jasa besar serta memiliki loyalitas yang tinggi bagi suatu klub.

Berikut ini INDOSPORT merangkum 8 pesepakbola modern yang nomor punggungnya pantas dipensiunkan.

2.2K