Bola Internasional

Diausuh Eks Pelatih Dortmund, Australia Optimistis Ingin Ulangi Piala Dunia 2006

Jumat, 2 Februari 2018 20:10 WIB
Penulis: Masya Famely Ruhulessin | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

Pelatih Australia Bert van Marwijk mengatakan dirinya optimistis The Socceroos akan bermain cukup baik hingga lolos ke babak 16 besar dalam ajang Piala Dunia 2018 di Rusia nanti.

"Jika saya tidak memiliki keyakinan akan hal itu, maka saya tidak akan berada di sini. Tapi saya pastikan ini bukanlah hal mudah," ujar Van Marwijk seperti dikutip dari ABC.

© twitter
Van Marwijk bersama Steven Lowy Copyright: twitterVan Marwijk (kiri) kini menjabat sebagai pelatih Timnas Australia.

Berbicara di hadapan publik Sydney pada sepekan setelah diangkat sebagai pelatih pekan lalu, pria yang pernah menukangi Borussia Dortmund itu menilai tim asuhannya memiliki teknik serta daya juang yang tinggi.

"Mungkin kita tidak punya pemain terbaik,tapi kita bisa menjadi tim terbaik," papar pria yang pernah menjabat pelatih Timnas Arab Saudi tersebut.

Untuk mencapai mimpi besar itu, Van Marwijk akan menerapkan gaya latihan yang ia rasa cocok untuk tim. Secara blak-blakan ia tak akan lagi menggunakan sistem yang digunakan mantan pelatih timnas sebelumnya Ange Postecoglou.

© INDOSPORT
Timnas Australia. Copyright: INDOSPORTTimnas Australia disebut Marwick memiliki pemain-pemain yang solid.

"Saya menghormati mantan pelatih, namun saya akan melatih dengan cara saya," pungkasnya.

Pelatih berusia 65 tahun, yang akan menjadi pelatih ketiga asal Belanda itu yang akan membimbing tim Australia di Piala Dunia. Sebelumnya, Guus Hiddink dan Pim Verbeek juga pernah mendapat kehormatan yang sama.

Selama menjadi seorang pelatih, Van Marwijk pernah membawa Timnas Belanda menjadi runner-up Piala Dunia 2010.

Perlu diketahui dalam ajang Piala Dunia, prestasi terbaik Timnas Australia adalah ketika edisi 2006 silam. Saat itu, Timnas Australia mampu menembus babak 16 besar, namun sayang mereka kalah 0-1 dari Italia.

348