Liga Indonesia

Rekam Jejak La Nyalla, Eks Ketum PSSI yang Penuh Kontroversi

Senin, 5 Februari 2018 18:45 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) nampaknya memang tak pernah lepas dari yang namanya hal-hal berbau kontroversi. Meski mengalami sederet pergantian kepemimpinan dalam beberapa kali periode, namun masalah tak tuntas begitu saja.

Berkaca pada masa kini, melihat sejumlah pekerjaan rumah yang tersisa cukup banyak belum juga diselesaikan oleh Ketua Umum PSSI saat ini, Edy Rahmayadi. Enggan menuntaskan segera, dikabarkan Ketum saat ini telah mengambil babak baru lain untuk mencalonkan diri sebagai gubernur di provinsi Sumatera Utara.

Sebelum Edy, pada masa-masa sebelumnya, rupanya PSSI dikabarkan terikat utang lewat suntikan dana dari Ketua Umum yang sebelumnya menjabat pada periode 2013-2015. Ia adalah La Nyalla Mattalitti yang dikenal sebagai sosok yang cukup kontroversial dalam dunia politik Indonesia.

© GINANJAR/INDOSPORT
Caption Copyright: GINANJAR/INDOSPORTLa Nyalla menjadi Ketum PSSI menggantikan Djohar Arifin Husin.

Di bawah kepemimpinnya, PSSI diketahui begitu sarat akan politik. Loyalitasnya pada politisi tertentu menyeret PSSI dan sepakbola Indonesia dalam pusara kepentingan-kepentingan pihak-pihak di luar sepakbola.

Tak hanya itu, di bawah masa kepemimpinannya, sepakbola Indonesia, termasuk PSSI, sempat memasuki masa tergelap mereka. Hingga menemui setitik harapan cerah untuk kembali bangkit lagi, rupanya La Nyalla maupun PSSI pun masih menyisakan polemik tersendiri yang belum juga tuntas hingga hari ini.

Berikut INDOSPORT berhasil merangkum rekam jejak sosok eks Ketum PSSI bernama lengkap La Nyalla Mattalitti tersebut ketika memimpin PSSI beberapa tahun lalu:

105