Bola Internasional

Jadi Tim Termuda, Timor Leste Justru Tidak Panggil 2 Pemain Eropa Berbakat Ini

Selasa, 13 November 2018 18:06 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Herry Ibrahim/Indosport.com
Pelatih Timor Leste, Norio Tsukitate saat konfrensi pers jelang pertandingan antara Indonesia vs Timor Leste. Copyright: © Herry Ibrahim/Indosport.com
Pelatih Timor Leste, Norio Tsukitate saat konfrensi pers jelang pertandingan antara Indonesia vs Timor Leste.

INDOSPORT.COM - Secara mengejutkan, Timnas Timor Leste berani membawa skuat yang berisikan pemain-pemain muda di ajang kompetisi sepak bola terbesar di Asia Tenggara, Piala AFF 2018.

Bahkan, karena terlalu mudanya pemain yang dibawa, Timor Leste menjadi tim sepak bola termuda dengan rata-rata usia pemain 20,56 tahun.

Secara kasat mata, keputusan Norio Tsukitate, selaku pelatih utama Timor Leste sangatlah aneh. Namun, bila melihat alasan dibalik keputusannya itu, kita dapat berpikiran pelatih Jepang tersebut, ingin mengulangi prestasinya saat membawa Timnas U-19 Timor Leste berjaya pada tahun 2013 di Piala AFF U-19.

Pasalnya, sebanyak 90 persen punggawa yang dibawa ke ajang bergengsi dua tahunan ini, merupakan pemain yang sebelumnya membela Timnas U-19 tahun 2013. Tak ayal dengan keputusannya ini, Timor Leste pun menjadi tim termuda di Piala AFF 2018.

Menariknya, bila berbicara pemain muda, diketahui Timor Leste sejatinya memiliki dua pemain muda yang berhasil menembus ketatnya persaingan sepak bola Eropa. Bahkan, salah satunya berada di tim sepak bola medioker La Liga Spanyol.

Akan tetapi, pada Piala AFF 2018 ini, kedua pemain tersebut tidak diapnggil oleh Norio Tsukitate untuk memperkuat Timor Leste.

Tidak ada yang tahu alasan sang pelatih enggan memangil keduanya, walau mereka merupakan pemain kunci di klub yang dibelanya. Siapa sajakah pemain yang dimaksud? Berikut portal berita olahraga INDOSPORT sajikan rangkumannya:

6